FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Titik Impas Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menentukan Tingkat Penjualan dan Laba Pada PT Forestalestari Dwi Karya

Show simple item record

dc.contributor.author Jayanty, Ajeng Dwi
dc.date.accessioned 2022-02-04T07:44:26Z
dc.date.available 2022-02-04T07:44:26Z
dc.date.issued 2005
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/987
dc.description.abstract Perusahaan merupakan salah satu organisasi yang tujuan utamanya adalah laba, sedangkan kenyataannya dalam memperoleh laba yang maksimal tidak semudah yang direncanakan. Dalam memperoleh laba umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti volume produk yang dijual, harga jual, dan biaya. Tiga faktor tersebut saling berkaitan, sehingga dalam merencanakan laba diperlukan berbagai macam informasi. Salah satu alat yang dapat digunakan para manajer dalam melakukan perencanaan mengenai tingkat penjualan dan laba adalah analisis titik impas. Titik impas adalah keadaan dimana perusahaan tidak mengalami laba maupun rugi. Dengan analisis titik impas para manajer dapat mengetahui apakah penjualan yang telah dilakukan perusahaan tersebut dapat menutupi biaya-biaya yang telah dikeluarkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membahas permasalahan dan menemukan solusi, adapun tujuan tersebut adalah : Untuk mengetahui analisis titik impas, untuk mengetahui tingkat penjualan dan laba, dan untuk mengetahui analisis titik impas dapat dijadikan sebagai alat bantu bagi manajemen dalam menentukan tingkat penjualan dan laba pada PT Foretalestari Dwi Karya. Objek dari penelitian ini meliputi analisis titik impas dan kaitannya dengan tingkat penjualan dan laba, yaitu penerapan analisis titik impas secara akurat dengan pengelompokkan biaya berdasarkan prilaku dan pemisahan biaya semivariabel secara tepat yaitu objek penelitian ini ada pada PT Forestalestari Dwi Karya. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif (descriptive research) dengan metode penelitian studi kasus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode persamaan, metode marjin kontribusi, dan metode grafik sedangkan untuk memisahkan biaya semivariabel yaitu dengan menggunakan metode titik tertinggi dan titik terendah. Dalam analisis titik impas, pengelompokan biaya berdasarkan prilaku memegang peranan penting, setelah dilakukan pengelompokkan biaya dan memisahkan semivariabel, maka dapat diketahui bahwa PT Forestalestari Dwi Karya mengalami titik impas pada saat penjualan minyak CPO mencapai 7.713,90541596 ton pada tahun 2001, 7.514,98696159 ton pada tahun 2002 dan 8.150,16599346 ton pada tahun 2003. Dengan mengetahui volume penjualan pada saat impas, para manajer dapat menentukan tingkat penjualan berdasarkan target laba, sehingga analisis ini dapat memberikan informasi kepada pihak manajer bahwa perusahaan harus melakukan penjualan pada saat impas apabila perusahan ingin menutupi semua biaya yang telah dikeluarkan, dan perusahaan harus melakukan penjualan berdasarkan target laba atau lebih apabila perusahaan ingin mencapai laba yang maksimal. Untuk itu PT Forestalestari Dwi Karya dalam melakukan analisis titik impas harus dilakukan secara akurat dan PT Forestalestari Dwi Karya harus selalu mencapai penjualan di atas titik impas bahkan melebihi target laba agar laba yang maksimal dapat dihasilkan PT Forestalestari Dwi Karya. en_US
dc.description.sponsorship Edhi Asmirantho - Yudhia Mulya en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Manajemen, Tingkat Penjualan, Laba en_US
dc.title Analisis Titik Impas Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menentukan Tingkat Penjualan dan Laba Pada PT Forestalestari Dwi Karya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account