FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s.

Show simple item record

dc.contributor.author Alfajriani Rahmawati, Lailia
dc.date.accessioned 2024-09-23T03:06:02Z
dc.date.available 2024-09-23T03:06:02Z
dc.date.issued 2024-07-20
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8928
dc.description.abstract Lailia Alfajriani Rahmawati 021120379. Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA. 2024. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah Kota Bogor yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan dari aspek pemasarannya yaitu Kelurahan Kencana. Potensi UMKM di Kelurahan Kencana memang beragam dengan banyaknya produk produk yang menarik mulai dari makanan, minuman, hiasan gantung, dan lain-lain. Permasalahan utama UMKM Kelurahan Kencana adalah belum tersedianya platform social media dan marketplace pada sebagian pelaku usaha. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang memiliki dampak kurangnya informasi dan pengenalan UMKM Kelurahan Kencana. Agar keberhasilan dalam meningkatkan jangkauan pasar sesuai dengan harapan pelaku usaha Kelurahan Kencana maka diusulkan pemanfaatan pemasaran digital pada UMKM Kencana, sehingga dapat bersaing dengan produk UMKM serupa lainnya dan dapat meningkatkan penjualan serta jangkauan pasar. Target luaran yang diharapkan yaitu meningkatkan kompetensi masyarakat atau pelaku usaha Kelurahan Kencana tentang pemasaran digital, pembuatan akun media sosial Instagram, dan pembuatan akun marketplace Shopee. Tahapan awal pelaksanaan yaitu pengenalan social media instagram sebagai media promosi online serta marketplace shopee, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun media sosial instagram @bumisa_kencana sebagai wadah promosi UMKM Kelurahan Kencana. Berdasarkan hasil kuesioner setelah diadakannya pelatihan di dapat nilai rata-rata dari 17 responden pada media sosial Instagram yaitu 17.78, sedangkan pada marketplace Shopee yaitu 17.38 yang menunjukan responden sangat setuju dengan pelatihan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai media sosial Instagram dan marketplace Shopee. Kata kunci: UMKM, Social Media, Marketplace, Digital Marketing en_US
dc.description.sponsorship Fredi Andria - Doni Wihartika en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject UMKM, Social Media, Marketplace, Digital Marketing en_US
dc.title Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account