Abstract:
Lailia Alfajriani Rahmawati 021120379. Utilization Of Digital Marketing Through
Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana
Village MSME’s. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA.
2024.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah Kota Bogor yang memiliki
potensi untuk terus dikembangkan dari aspek pemasarannya yaitu Kelurahan Kencana.
Potensi UMKM di Kelurahan Kencana memang beragam dengan banyaknya produk
produk yang menarik mulai dari makanan, minuman, hiasan gantung, dan lain-lain.
Permasalahan utama UMKM Kelurahan Kencana adalah belum tersedianya platform
social media dan marketplace pada sebagian pelaku usaha. Hal ini menjadi suatu
permasalahan yang memiliki dampak kurangnya informasi dan pengenalan UMKM
Kelurahan Kencana. Agar keberhasilan dalam meningkatkan jangkauan pasar sesuai
dengan harapan pelaku usaha Kelurahan Kencana maka diusulkan pemanfaatan
pemasaran digital pada UMKM Kencana, sehingga dapat bersaing dengan produk
UMKM serupa lainnya dan dapat meningkatkan penjualan serta jangkauan pasar.
Target luaran yang diharapkan yaitu meningkatkan kompetensi masyarakat atau
pelaku usaha Kelurahan Kencana tentang pemasaran digital, pembuatan akun media
sosial Instagram, dan pembuatan akun marketplace Shopee. Tahapan awal
pelaksanaan yaitu pengenalan social media instagram sebagai media promosi online
serta marketplace shopee, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun media sosial
instagram @bumisa_kencana sebagai wadah promosi UMKM Kelurahan Kencana.
Berdasarkan hasil kuesioner setelah diadakannya pelatihan di dapat nilai rata-rata dari
17 responden pada media sosial Instagram yaitu 17.78, sedangkan pada marketplace
Shopee yaitu 17.38 yang menunjukan responden sangat setuju dengan pelatihan ini
memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai media sosial Instagram dan
marketplace Shopee.
Kata kunci: UMKM, Social Media, Marketplace, Digital Marketing