Abstract:
NENG MELI SUSILAWATI. 021120291. Kajian Strategi Pengembangan Wisata Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA. 2024.
Pengembangan wisata dapat memberikan kesejahteraan pada masyarakat, ini terbukti pada Wisata Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng. Akan tetapi, di wisata ini terdapat masalah seperti kurang optimal memanfaatkan media digital untuk mempromosikan atau memasarkan wisata. Karena kegiatan promosi meningkatkan jumlah pengunjung, media sosial digunakan sebagai media promosi untuk menarik calon pengunjung. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengkaji upaya meningkatkan pengujung pada wisata Konsevasi Penyu di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng. (2) Untuk menentukan alternatif strategi pengembangan yang perlu dilakukan wisata Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penarikan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Analisis data menggunakan matriks SWOT dan AHP dengan menggunakan excel.
Hasil dari penelitian menggunakan SWOT dan AHP strategi yang terpilih yaitu strategi menambahkan kegiatan promosi yang dapat dilakukan dengan cara mempertahankan tempat penangkaran dengan menjaga kebersihan dan keasrian alam karena menjadi satu-satunya tempat penangkaran penyu di Ujunggenteng, lalu memanfaatkan dan memaksimalkan promosi melalui media online seperti Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok untuk membuat konten yang menarik dan kreatif yang terdiri dari gambar maupun video mengenai kegiatan yang sedang berlangsung di Wisata Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng dengan caption yang menarik. Promosi Wisata Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan Ujunggenteng dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang program dan fasilitas yang ditawarkan oleh manajemen wisata dengan menghasilkan konten yang menarik.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, SWOT, AHP.