Abstract:
AZHAR NUGRAHA MAULANA HAKIM. 021117223. Manajemen Pemasaran, Faktor-
Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Ninja Xpress
(Studi Kasus Ninja Xpress). Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan ARIE WIBOWO
IRAWAN. 2024.
Perusahaan jasa pengiriman barang yang saat ini sedang berkembang adalah Ninja Xpress.
Ninja Xpress hadir di Indonesia pada tahun 2015. Kendati bukan sebagai peringkat satu dalam
jasa pengiriman barang yang paling banyak digunakan saat ini Ninja Xpress sudah bisa
dikatakan menjadi jasa pengiriman yang cukup terkenal dan menjadi salah satu pilihan
prioritas bagi konsumen yang ingin mengirimkan barangnya saat ini. Namun jika
dibandingkan dengan pesaingnya Ninja Xpress sangat tertinggal dari segi jumlah pengiriman
terutama pada tahun 2021 dan tahun 2022.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif (Eksploratif) dengan
metode studi kasus yang bertujuan untuk mengumpulkan data, menguraikan secara
menyeluruh dan teliti sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan. Metode analisis data yang
digunakan pada peneltian ini adalah analisis faktor yang diolah dangan menggunakan SPSS
23.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen Ninja Xpress Citeureup. Faktor dominan tersebut diisi oleh
variabel (indikator) Budaya, kelompok acuan, kelas sosial, sumber informasi, motivasi,
pengetahuan, kepribadian, persepsi, dan produk. Faktor-faktor tersebut merupakan alasan atau
faktor yang menjadikan konsumen Ninja Xpress melakukan suatu keputusan pembelian.
Adapun faktor yang paling tidak dominan adalah faktor dengan indikator keluarga dan
promosi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keluarga tidak mempengaruhi konsumen
Ninja Xpress dalam melakukan suatu keputusan pembelian yang dilakukan. Pengaruh keluarga
sangat minim dan bahkan bisa dikatakan kurang berpengaruh. Selain dari itu faktor promosi
juga bukan menjadi alasan utama keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Ninja
Xpress Citeureup. Dengan demikian promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan belum
dapat dirasakan oleh konsumen Ninja Xpress sehingga alasan keputusan pembelian yang
dilakukan bukan karena hasil dari promosi.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Jasa Pengiriman