Abstract:
Wiji Lestari. NPM 021106091. Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Tertiadap
Peningkatan Daya Saing pada PT. SMART TELECOM. Di bawah bimbingan :
Sri Hartini, MM.,SE., dan Tutus Rully, MM.,SE.,
PT. SMART TELECOM adalah sebuah perusahaan yang bergeiak di
bidang jasa telekomunikasi. Namun saat ini banyak perusahaan yang bergerak di
bidang yang sama, untuk itu perusahaan perlu menetapkan dan melakukan strategi
pemasaran produk terlebih dahulu untuk memasarl^ produknya agar produk
tersebut dapat diterima oleh masyarakat dan juga tidak kalah oleh para pesaing
mereka, sehingga hal ini pun ^an mempengaruhi citra perusahaan. Apabila
konsumen merasa puas dengan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan
maka citra perusahaan di mata masyarakat pun akan semakin baik. Bagaimana
cara perusahaan dalam menarik konsumen dw mempertahankan citra perusahaan
di masyarakat dan mengapa hasil penjualan hape modem Smart sempat turun
menjadi hal yang diteliti oleh penelitl.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran
produk yang dilakukan oleh PT. SMART TELECOM, untuk mengetahui strategi
pemasaran produk apa saja yang dilakukan oleh PT. SMART TELECOM dalam
menghadapi pesaing, dan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran produk
terhadap peningkatan daya saing pada PT. SMART TELECOM.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif, yaitu
berdasarkan sejarah perusahaan dan studi kasus. Dan peneliti menggunakan
kuisioner yang disebarkan kepada responden untuk mengetahui persepsi mereka
tentang produk hape modem Smart, sehingga peneliti dapat mengetahui apakah
strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh perusahaan berhasil atau tidak.
Dalam perhitungannya peneliti menggunakan metode Analisis Chi Square.
Strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh perusahaan dalam
memasarkan produknya antara lain yaitu Strategic Account, Mobile Commerce,
Dompet Smart,, memperluas jaringan sinyal di berbagai daerah di Indonesia,
kegiatan promosi melalui mobile selling dan juga melalui iklan di berbagai media
cetak maupun visual. Dalam menghadapi para pesaingnya, perusahaan terus
menginovasi dan juga mengeluarkan produk baru, antara lain yaitu dengan
mengeluarkan produk Netbook, USB modem CDMA 2000, Windows Phone N 75
Wireless, dan Dual on GSM. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan metode Chi
Square, dengan 100 orang responden diketahui bahwa strategi pemasaran produk
mempunyai pengaruh terhadap peningkatan daya saing, hal ini dapat dilihat dari
nilai CS hitung sebesar 111,654 lebih besar dari Cs tabel dengan menggunkan
taraf nyata a = 10% sebesar 24,785