Abstract:
Eka Merdekawati. NRP 021100312. "PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI
DAN PROMOSI PENJUALAN DALAM MENINGKATKAN HASIL
PENJUALAN CAT MERK CARGLOSS PADA PT. MURNI CAHAYA
PRATAMA CITEUREUP BOGOR".
Dlbawah bimbingan : Bapak Usman Zakaria, SE., MM Selaku Dosen
Perabimbing dan Ibu Yetti Husnul Hayati, SE., MM. Selaku Co.
Pembimbing.
Ruang lingkup kegiatan PT. Mumi Cahaya Pratama, bergerak dalam
industri perdagangan cat otomotif dan elektronik. Dimana penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dan promosi penjualan dalam
meningkatkan hasil penjualan pada PT. Mum! Cahaya ^tama.
Dalam menyalurkan hasil produksinya PT. Mumi Cahaya Pratama
menggunakan Saluran distribusi tidak langsung atau saluran tingkat 2 yaitu
menggunakan perantara (distributor), dan pengecer dalam memasarkan
produknya.
Pelaksanaan promosi yang dilakukan perusahaan menggunakan media
pameran dan demonstrasi, adapun tujuan dari promosi adalah agar masyarakat/
konsumen dapat mengenal atau mengingat kembali akan produk-prodiik yang
dihasilkan, dan dapat meningkatkan hasil penjualan.
Dari hasil analisis regresi .Y = 391.01 + (1.04) Xi + 0.98 X2 jika ada
kenaikan saluran distribusi dan promosi masing- masing Rp 1.000.000 maka akan
berpengaruh pada jumlah penjualan sebesar Rp 98 juta. Koefisiensi korelasi r =
0.84 menunjukkan nilai yang cukup jauh mendekati +1, berarti hubungan antara
pelaksanaan saluran distribusi dan promosi penjualan dalam meningkatkan hasil
penjualan mempunyai hubungan kuat positif, dimana bahwa setiap teijadi
peningkatan pelaksanaan distribusi dan promosi akan diikuti pula dengan
kenaikan jumlah penjualan. Dan begitu pula sebaliknya jika teijadi penurunan
maka pelaksanaan distribusi dan promosi penjualan akan diikuti penurunan
jumlah penjualan.
Dari hasil perhitungan koefisiensi determinasi (CD) = 0.7 % berarti bahwa
pelaksanaan distribusi dan promosi penjualan berpengaruh terhadap peningkatkan
hasil penjualan sebesar 7 %, sedangkan sisanya sebesar 93 % dipengamhi faktor
lainnya.
Karena FHitung = 9.72 > F (tobei) = 4.37 maka pada tingkat nyata 0,05 hipotesis
ditolak dan menerima hipotesis berarti ada hubungan antara biaya saluran
distribusi dan promosi terhadap hasil penjualan.