Abstract:
EDWAN RIZANA KURNIAWAN. NPM 021104060. Pengaruh Pengembangan
Produk Terhadap Peningkatan Penjualan 2tang, frutang, frtutang gala asem
Pada Restaurant PT.TANG MAStbk,SUKABUMI-INDONESIa. Dibavvah
bimbingan ; Bapak Usman Zakaria dan Ibu Sri pujawati.
Pengambangan produk diperlukan agar dapat menciptakan inovasi atas
produk yang sudali ada, sehingga berbeda dari produk yang sudah ada antara lain
mempunyai mutu yang lebih balk dari produk sebelumnya dan juga lebih baik dari
produk pesaing. Dengan demikian pengembangan produk dapat memberikan
manfaat yang lebih baik bagi konsumen dan juga bermanfaat bagi perusahaan karena
pada akhirnya dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri dengan
meningkatkan penjualan dan laba yang optimum. Adapun tujuan penelitian adalah :
untuk mengetahui dan memahami kegiatan pengambangan produk yang dilakukan
oleh perusahaan, untuk mengetahui peningkatan penjualan pada PT.TANG MAS
tbkjSUKABUMl-lNDONESIA, dan untuk mempelajari, mengidentifikasi serta
melakukan kegiatan analisa atas peranan dari kegiatan pengembangan produk
terhadap peningkatan penjualan 2tang, frutang, frutang gula asem pada PT.TANG
MAS,tbk,SUKABUMI-INDONESIA. Metode penelitian yang digunakan adalah
studi kasus, bentuk penelitian deskriftif, dan teknlk penelitian statistic kuantitatif.
Dari hasil perhitungan yang dilakukan dalam mengukur pengaruh
pengambngan produk terhadap peningkatan penjualan perusahaan maka diperoleh
hasil dengan menggunakan korelasi berganda dengan persamaan sebagai berikut :
Y = ^,73 + \\,57X^ +-2,37X2 +-1.14X3 yang artinya setiap biaya pengembangan 1
produk dapat meningkatkan penjualan perusahaan, namun apabila perusahaan tidak
melakukan pengembangan produk maka penjualn hanya sebesar Rp. 7,73 (1 : 1.000).
Selanjutnya hasil perhitungan koefisin determinasi diperoleh hasil sebesar
57,61 % yang berarti bahwa peningkatan penjualan sebesar 57,61 % disebabkan oleh
adanya kegiatan pengembangan produk yang dilakukan oleh PT.TANG MAS
tbk,SUKABUMl-lNDONESlA , sedangkan sisanya sebesar 42,39 % merupakan
pengaruh dari factor lainnya.
Uji hipotesis dengan tingkat nyata yang digunakan adalah ;
a = 0,05
K = variable bebas (x, X2i/anX3) = 3 variabel bebas, dan
N = jumlah sample observasi = 12 sampel
J'ka maka Ho ditolak, sebaliknya jikaF;„,„„g(F,„4,/ maka Ho diterima
Karena = 8,398)F„,^_|)(„_;t) = 4,26 maka padatingkat nyata 0,05 hipotesis Ho
ditolak dan menerima hipotesis Hi. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan
antara biaya pengembangan lini produk terhadap peningkatan penjualan