Abstract:
RIZKY RESTU ANDIKA. 02110S034. Pengaruh Fasilitas Pelayanan Terhadap
Tingkat Kepuasan Pengunjung Grand Jaya Raya Resort & Convention Hotel
Cipayung Bogor. Dibawah Bimbingan : H.POERNOMO dan YETTY HUSNUL H
Dalam perkembangan saat ini telah teijadi pergeseran orientasi di dunia bisnis,
yaitu dari sekedar berorientasi pada produk, dan kepada yang berorientasi pada
pelayanan. Kondisi yang demikian sekarang menjadi semakin kuat. Dan dalam hal ini
teijadi fluktuasi penirunan jumlah pengunjung Grand Jaya Raya Resort Hotel sepanjang
tahun 2010 , berdasaikan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian pada Grand Jaya Raya Resort Hotel, yang diaplikasikan dalam bentuk skripsi
dengan Judul : "Pengaruh Fasilitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung
Grand Jaya Raya Resort & Convention Hotel Cipayung Bogor.
Adapun tujuan dari penelitian itu sendiri adalah : I) Untuk mengetahui fasilitas
pelayanan yang diberikan Grand Jaya Raya Resort Hotel. 2) Untuk mengetahui besaran
tingkat kepuasan pengunjung Grand Jaya Raya Resort Hotel. 3) Untuk mengetahui
bagaimana penganih fasilitas pelayanan yang diberikan terhadap tingkat kepuasan
pengunjung Grand Jaya Raya Resort Hotel.
Dalam analisis ini penulis menggunakan metode perhitungan rum us chi-square
pada pengujian hipotesis. Suatu ukuran yang menyan^ut perbedaan yang terdapat
diantara frekuensi pengamatan dengan frekuensi teoritis/frekuensi harapan dinyatakan
oleh statistik (chi-kuadrat). Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif(eksploratif) dengan metode penelitian explanatory survey yang bertujuan
menguji hipotesa dan merupakan penelitian yang menjelaskan fenomena dalam bentuk
hubungan antar variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung. Sedangkan tehnik
penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan metode analisis chi square
dan diagram kartesius.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan chi square dapat disimpulkan
bahwa pada tingkat kinerja dan harapan dari variabel fasilitas pelayanan, dapat dilihat
sebagai berikut: Jika dilihat pada tingkat kinerja diperoleh nilai nilai OS hitune (233,518) >
CS tabel (43,775), maka Ho ditolak, artinya fasilitas pelayanan jika dilihat pada tingkat
kineija (pengalaman) sangat berpengaruh pada tingkat kepuasan pengunjung Grand Jaya
Raya Resort Hotel, dengan tin^at kepercayaan sebesar 95%. Sedan^an berdasarkan
pengujian statistik piada tingkat kineija (pengalaman) untuk diuji keeratannya, temyata
hubungannya kuat, yaitu sebesar 0,837. Jika dilihat trada tingkat harapan diperoleh nilai
CS hitung (183,782) > CS tabel (43,775), maka Ho ditolak, artinya fasilitas pelayanan jika
dilihat pada tingkat harapan sangat berpengaruh pada tingkat kepuasan pengunjung Grand
Jaya Raya Resort Hotel, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan
berdasarkan pengujian statistik pada tingkat harapan untuk diuji keeratannya, temyata
hubungannya kuat, yaitu sebesar 0,805.