Abstract:
KEMAL NUGRAHA TANJUNG. NPM. 021106021. Pengaruh Ekuitas Merk Skn
Medical Terhadap Perilaku Konsumen pada PT, Sarandl Karya Nugraha. DIbawah
bimblngan : SRI HARTINI. dan TUTUS RULLY
Ekuitas merk merupakan nilai suatu merk berdasarkan seberapa kuat merk
tersebut. Ekuitas merk dapat mempengaruhi keputusan pembelian dapat juga tidak, hal
ini dipengaruhi oleh peran dari fal^or-faktor didalam perilaku konsumen yang berbeda.
Konsumen yang mempunyai Loyalitas, penghargaan, Persepsi, dan Kepercayaan yang
tinggi terhadap suatu merk, disebut dengan Ekuitas Merk.
Perilaku konsumen merupakan ilmu pemasaran yang terpilih, dimulai ketika para
pemasar menyadari bahwa para konsumen tidak selalu bertindak atau memakai produk
yang sama dengan yang dipakai oleh orang lain. Sebaliknya mereka lebih menyukai
produk yang terbedakan yang mencerminkan kebutuhan khusus, kepribadian dan gaya
hidup modem.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui ekuitas merk produk
Skn Medical, untuk mengetahui perilaku konsumen pada pusat pembelanjaan alat
kesehatan PT. Samdi Karya Nugraha, dan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merk
produk Skn Medical terhadap perilaku konsumen pada PT. Sarandi Karya Nugraha.
Metode dari penelitian ini meliputi desain penelitian dan operasional variabel,
adapun desain penelitian yang dilakukan penulis adalah verifikatif dengan menggunakan
metode penelitian eksplanatory survey. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan
adalah statistic non parametric. Metode yang digunakan adalah analisis korelasi Chi Square dan pengujian hipotesis.
Dari hasil yang diperoleh ekuitas merk yang dimiliki oleh produk Skn Medical
cukup baik, ditunjukan dangan adanya loyalitas, persepsi, kesadaran serta kepercayaan
konsumen yang cukup bagus terhadap produk. Sedangkan perilaku konsumen pada pusat
pembelanjaan PT. Sarandi Karya Nugraha cukup baik, hal ini ditunjukan dari hasil rata rata jawaban responden yang menjawab pertanyaan dari quisioner yang diberikan adalah
cukup bagus mengenai status sosial, keluarga, kelas sosial, kultur, gaya hidup, keadaan
ekonomi. Dengan menggunakan korelasi chi-square, Yaitu hasil jawaban atau pendapat
responden atas daftar pertanyaan yang diajiikan sehingga diperoleh hasil sebagai berikut:
dari hasil analisis korelasi diperoleh Cc = 0,49 artinya terdapat hubungan yang lemah dan
positif antara ekuitas merk produk Skn Medical terhadap perilaku konsumen pada PT.
Sarandi Karya Nugraha. Dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan tingkat
signifikasi 0,10 diketahui Cs hitung = 47,4507 > Cs tabel = 22,307, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa tolak Ho dan terima Hi, yang artinya terdapat hubungan nyata dan
positif antara ekuitas merk dengan perilaku konsumen.