Abstract:
DEWI ROSIDAH, 021198440. Hubungan Motivasi Ke^a Dan Kepuasaan Keija
Pegawai Di FT. PLN Persero UJT Bogor. Dibawah Bimbingan WONNY
AHMAD RIDWAN Dan Co. Pembimbing ANGKA PRIATNA
Sumberdaya manusia suatu organisasi atau perusahaan memerlukan
pengelolaan secara professional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan
pegawai dengan kemampuan organisasi atau perusahaan tersebuL Peningkatan
kepuasan keija sudah tentu adanya motivasi yang jelas. Perusahaan itu sendiri
tergantung pada pioduktif tidaknya sumber daya manusia atau pegawainya.
PenelHian dilakukan pada PT. PLN Persero UJT Bogor untuk memperoleh
gambaran yang menyeluruh teihadap hubungan kepuasan dengan motivasi. Isdlah
kepuasan (satirfaction) dan motivasi sertingkali diterapkan secara salah.
Pemberian motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan
interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi dan keputusan yang tegadi pada diri
seseorang itu sendiri. Kepuasan atau ketidakpuasan secara individual pegawai
secara subyektif berasal diari kesimpulan yang beidasarican perbandingan antara
apa yang diterima pegawai dari pekegaan yang dilakukan dengan apa yang
diharapkan, diinginkra atau dipikiri^ oleh seseorang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan korelasional, dengan metode pengambilan sampel sinqfle random
sampling dan metode penelitian yang digunakan metode analisis statistic nrm
parametik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang terd^t
diperusahaan PT. PLN yaitu sebanyak 57 orang. Untuk mengetahui hubungan
antara motivasi kega dengan kepuasan kega maka digunakan rumus rank
5pearmen,sett!i untuk mengetahui kontribusi dari variabel X terhadap naik atau
turunya variabel Y dihitungmenggunakan rumus koefisien determinasi.
Berdasaikan data-data yang diolah maka didapatkan hasil tingkat motivasi
kega dengan kategori sangat rendah sebesar 0% range 40-72 dan kategori tinggi
86,11% range 137-168, sedangkan tingkat kepuasan kega sangat tidak puas 0%
range 27-49 dan kategori puas 81% range 94-115.
D^t dishnpulkan bahwa tingkat motivasi kega yaitu "tinggi" sebesar
86,11% atau 31 responden dengan rata-rata 159, sedangkan tingkat kepuasan kega
yaitu "pua^ sebesar 81% atau 29 responden dengan rata-rata 109. Berdasarkan
hasil uji hipotesis yang dihitung terd^t hubungan antara motivasi kega dan
kepuasaan kega karena t hhung > t tabel yaitu 24,76 > 2,750. Makin baik motivasi
kega maka makin tinggi kepuasw kega pada PT. PLN Persero BOgor.