FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Pengaruh Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Tahun Angkatan 2020-2023)

Show simple item record

dc.contributor.author Widya Pratiwi, Afni
dc.date.accessioned 2024-07-24T03:01:30Z
dc.date.available 2024-07-24T03:01:30Z
dc.date.issued 2024-03-26
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8708
dc.description.abstract AFNI WIDYA PRATIWI. 021120001. Pengaruh Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Tahun Angkatan 2020-2023)). Di bawah bimbingan: EKA PATRA dan HASRUL. 2024. Pertumbuhan internet dan teknologi yang terus meningkat di Indonesia menghadirkan sistem transaksi perdagangan yang dikenal dengan e-commerce. Shopee hadir sebagai salah satu e-commerce yang paling diminati. Maka dengan hadirnya e-commerce meningkatnya pula impulse buying. Hal ini disebabkan oleh keberadaan berbagai fasilitas dan aplikasi belanja online yang membuat sebagian masyarakat menjadikan kegiatan berbelanja bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan, melainkan sekedar memenuhi kepuasan pribadi dan keinginan sesaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying pada konsumen Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas pakuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan dengan jumlah sebanyak 100 responden dilakukan dengan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisoner. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program IBM SPSS Statictict 26 for windows. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah promosi penjualan didapatkan hasil rata-rata sebesar 79%. Motivasi belanja hedonis hasil rata-rata sebesar 76%. Impulse buying hasil rata-rata sebesar 74%. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien sebesar 0.317 yang berarti promosi penjualan berkontribusi positif terhadap impulse buying pada ecommerce Shopee dan diperoleh nilai koefisien 0.561 yang berarti motivasi belanja hedonis berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Dengan hasil R Square sebesar 0,697 artinya promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis berpengaruh sebesar 69,7% terhadap impulse buying dan 30,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis, Impulse Buying en_US
dc.description.sponsorship Eka Patra - Hasrul en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis, Impulse Buying en_US
dc.title Pengaruh Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Tahun Angkatan 2020-2023) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account