Abstract:
AFNI WIDYA PRATIWI. 021120001. Pengaruh Promosi Penjualan, Motivasi Belanja
Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Tahun Angkatan 2020-2023)).
Di bawah bimbingan: EKA PATRA dan HASRUL. 2024.
Pertumbuhan internet dan teknologi yang terus meningkat di Indonesia menghadirkan
sistem transaksi perdagangan yang dikenal dengan e-commerce. Shopee hadir sebagai
salah satu e-commerce yang paling diminati. Maka dengan hadirnya e-commerce
meningkatnya pula impulse buying. Hal ini disebabkan oleh keberadaan berbagai fasilitas
dan aplikasi belanja online yang membuat sebagian masyarakat menjadikan kegiatan
berbelanja bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan, melainkan sekedar memenuhi
kepuasan pribadi dan keinginan sesaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa
pengaruh promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying pada
konsumen Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas pakuan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif
kausal. Dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan
dengan jumlah sebanyak 100 responden dilakukan dengan metode non probability
sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui
kuisoner. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program IBM
SPSS Statictict 26 for windows. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah promosi penjualan didapatkan hasil rata-rata sebesar 79%.
Motivasi belanja hedonis hasil rata-rata sebesar 76%. Impulse buying hasil rata-rata
sebesar 74%. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien sebesar 0.317
yang berarti promosi penjualan berkontribusi positif terhadap impulse buying pada ecommerce
Shopee dan diperoleh nilai koefisien 0.561 yang berarti motivasi belanja
hedonis berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Dengan
hasil R Square sebesar 0,697 artinya promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis
berpengaruh sebesar 69,7% terhadap impulse buying dan 30,3% lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis, Impulse Buying