Abstract:
Fika Septia Widi. NPM 021106123. Analisis Faktor Internal dan Faktor Ekstemal Dalam
Upaya Menetapkan Strategi Pemasaran Pada PT. Trio Putera Utama Bogor. Dibawah
bimbingan: POERNOMO dan SRI HIDAJATIRAMDANI.
Perusahaan merupakan suatu organisasi produksi yang menggunakan dan
mengkoordinir snmber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang
menguntungkan. Dalam suatu perusahaan memungkinkan dilakukannya aktifitfls
produksi, yaitu semua usaha yang ditujukan untuk menciptakan atau menambah faedah
(utility). Ketatnya persaingan antara pelaku bisnis, mengharuskan adanya strategi yang
baik untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Maka PT. Trio Putera Utama harus
selalu siap dalam menghadapi segala situasi yang berubah dan berkembang dipasar
sehingga PT. Trio Putera Utama akan tetap mampu untuk bertahan dan dapat bersaing
didalam pasar yang semakin ketat persaingannya dalam harga, dalam hal kualitas,
pelayanan dan pengiriman.
PT. Trio Putera Utama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dlbidang
penyamakan kulit yang berlokasi di Jl. Raya Narogong. Ds. Kembang kuning No. 55,
Kecamatan Klapantmggal Kabupaten Bogor. Dengan hasil produksi berupa kulit samak
untuk dijadikan jaket dan sarung tangan golf.
Adapun gap dari PT. Trio Putera Utama ini yaitu keterlambatan dalam
pengiriman bahan baku, selain itu penjualan yang naik turun karena dipengaruhi oleh
model-model yang unik, desain yang baik, bahan baku yang berkualitas balk, dan
terjamin mutunya, karena hal itu dapat menghambat dalam menentukan strategi
pemasaran. Oleh karena itu, peranan faldor internal dan faktor ekstemal sangat penting
dalam menentukan strategi pemasaran.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada PT. Trio Putera Utama adalah Untuk
mengetahui faktor intemal apa saja pada PT. Trio Putera Utama, untuk mengetahui
faktor ekstemal apa saja pada PT. Trio Putera Utama, untuk mengetahui faktor intemal
dan faktor eksternal dalam upaya menetapkan strategi pemasaran pada PT. Trio Putera
Utama dengan menggunakan metode SWOT.
Faktor intemal yang dimiliki PT. Trio Putera Utama yaitu manajemen,
pemasaran, keuangan dan akunting, produksi dan operasi, dimana penilaian faktor-faktor
intemal dengan menggunakan Matrik SAP menunjukkan kekuatan sehingga dikatakan
dengan baik (sukses). Sedangkan faktor ekstemal yang dimiliki PT. Trio Putera Utama
yaitu politik, pemerintah dan hukum, ekonomi, sosial budaya, demografi, dan
lingkungan, teknologi, dan persaingan, dimana penilaian faktor-faktor ekstemal dengan
menggtmakan matrik ETOP menunjukkan keseimbangan
PT. Trio Putera Utama menggunakan analysis Strength, Weakness, Opportunities,
dan Treath (SWOT) dalam meneliti kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Adapun
hasil dari analisis SWOT pada PT. Trio Putera Utama yaitu : Strategi SO (ekspansi)
dimana pemsahaan hams meningkatkan kualitas produk yang terbaik dan mening^tkan
struktur manajemen pemsahaan, Strategi WO (konsolidasi) yaitu meningkatkan
manajemen pemsahaan yang lebih teratur dan meningkatkan jumlah kendaraan
operasional, Strategi ST (diversifikasi) yaitu meningkatkan sistem kualitas keqa dan
meningkatkan kualitas dan kuantitas kulit, dan Strategi WT (restmkturisasi) yaitu
mengutamakan kepuasan pelanggan dan mengikuti perkembangan teknologi yang lebih
modem.