Abstract:
SELAMET PAMUJIYONO. NPM ; 021104172. Analisis Efektivitas Periklanan
Produk Telepon Flexi Terhadap Pencapaian Tujuan Komunikasi Pemasaran Di
Kota Bogor. (Studi Kasus Pada PT Telkom Indonesia, Tbk. Dosen Pembimbing :
NINA AGUSTINA dan Co.Pembimbing: SRI HIDAYATIRAMDANI.
Di Indonesia pada saat ini pertumbnhan telepon selular berkembang dengan
pesat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna telepon seluler di Indonesia yang
meningkat dari tahun ke tahun. Keadaan ini membuat perusahaan-perusahaan
mulai berebut segmen pasar yang besar ini dan perusahaan-perussihaan yang
bergerak di bidang telekomunikasi mulai berlomba-lomba mengeluarkan kartu/
Sim Card maupun telepon dengan jenis CDMA demi memuaskan konsumen,
persaingan yang ketat ini memacu perusahaan berfikir keras bagaimanana melakukan
strategi pemasaran dan program promosi yg efektif agar menarik perhatian masyarakat.
Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui penerapan
periklanan produk telepon Flexi di K^ota Bogor, untuk mengetahui tanggapan
konsumen terhadap periklanan produk telepon Flexi di Kota Bogor, untuk
mengetahui tingkat efektivitas periklanan produk telepon Flexi dalam pencapaian
tujuan komunikasi pemasaran di Kota Bogor.
Jenis penelitian yang dipergunakan oleh penulis berbentuk deskriptif
eksploratif yang bertujuan untuk mengumpulkan data frekuensi periklanan dengan
data pengguna telepon Flexi dan pelanggan Flexi. Sedangkan teknik penelitian
yang digunakan statistik kuantitatif.
Dari hasil penelitian menunjukan periklanan produk telepon Flexi efektif.
Hal ini dibuktikan dengan indikator-indikator periklanan yang meliputi isi pesan
iklan, jenis media periklanan, frekuensi, jangkauan geografis yang dinilai cukup
tinggi oleh pengguna produk telepon Flexi
Dari hasil penelitian menunjukan pencapaian tujuan komunikasi pemasaran
cukup tinggi, hal ini dibuktikan oleh indikator-indikator tujuan komunikasi
pemasaran yaitu dapat dipercaya, menarik, informatif, dirancang dengan baik,
mudah diikuti, mendapat perhatian yang dinilai sudah cukup tinggi oleh pengguna
produk telepon Flexi.
Dilihat dari analisis test statistik metode Chi-Square dengan nilai a = 0.10
(10%) dan df = (8-1) (5-1) = 28. Dilihat dari isi pesan iklan, jenis media
periklanan, frekuensi, dan jangkauan geografis diperoleh nilai OS hitung
(193,698) > CS tabel (37,916), maka Ho ditolak, artinya efektivitas periklanan,
produk telepon Flexi jika dilihat dari isi pesan iklan, jenis media periklanan,
frekuensi, dan jangkauan geografis sangat berpengaruh terhadap pencapaian
tujuan komunikasi pemasaran di Kota Bogor, dengan tingkat kepercayaan sebesar
90%. Sedangkan berdasarkan pengujian statistik pada indikator perildanan untuk
diuji keeratannya, temyata hubungannya kuat, yaitu sebesar 0,811.