Abstract:
Bella Febrian Sulaeman 021118026, Hubungan E-Service Quality Terhadap ECustomer
Satisfaction Pada Apliksi Digi Mobile (Studi bank bjb KC Bogor). Dibawah
bimbingan : Oktori Kiswati Zaini, dan Arie Wibowo Irawan,2023.
Bjb digi adalah mobile berbasis sistem operasi Android dan IOS yang dapat
digunakan untuk mengakses berbagai macam layanan perbankan elektronik dan digital
milik bank bjb (Putriani, 2019). Peluncuran awal aplikasi digi mobile ini pada
September 2014, fitur utama dari aplikasi digi mobile yaitu menggabungkan 4 fiturfitur
tersebut tersebar dalam menu utama, yakni Bjb Mobile, Bjb SMS, Bjb Net, Bjb
Promo ke dalam satu aplikasi dengan menu transaksi yang sekarang telah diperbaharui
menjadi, Bjb Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan e-service
quality dengan e-satisfaction customer pada digi mobile.
Jenis penelitan ini kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu
nasabah bank bjb KC Bogor yang menggunakan digi mobile. Metode penarikan sampel
yang digunakan peneliti adalah non probability sampling dengan teknik purposive
sampling, menggunakan data primer dan sekunder, sedangkan metode analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi rank spearman dengan uji
hipotesisnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan, e-service quality pada aplikasi digi mobile
pada bank bjb KC Bogor secara rata-rata sudah sangat baik dan e-customer satisfaction
aplikasi digi mobile pada bank bjb KC Bogor secara rata-rata sudah sangat puas.
Hubungan e-service quality dan e-customer satisfaction sangat kuat dan dibuktikan
melalui uji hipotesis.
Kata kunci : e-service quality, e-satisfaction