FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Penman Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Sq)eda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.author Kamaliawan, Kamaliawan
dc.date.accessioned 2024-07-17T03:42:52Z
dc.date.available 2024-07-17T03:42:52Z
dc.date.issued 2009-04-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8623
dc.description.abstract KAMALIAWAN. NPM 021104196. Penman Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Sq)eda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dibawah bimbingan: Ibu Sri Martini, MM., SB. dan Ibu Sri Pudjawati, MM., SB. Tuntutan dan konsiunen saat ini nierq)akan t(q)ik yang dirasakan pengarubnya oleh perusahaan terutama dalam situasi persaingan yang cukiq) tajam d^asaran. Tuntutan tersebut dapat diklasifikaasikan atas kehendak untuk mendapatkan kualitas yang t^at, kuantitas yang sesuai dan waktu yang tqiat pula. Dilain pihak jika tuntutan itu d^enuhi dengan baik maka perusahaan tersebut tidak akan mengalami suatu kesulitan dalam memasarkan produknya. Objek penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu data laporan penjualan sq)eda motor honda PT. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dengan menganalisis laporan penjualan pada tiga periode (2006 - 2008) yang terdapat diPusat Referensi Pasar Modal Bursa Bfek Jakarta. Teknis penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini yaitu metode dua parameter Holt (metode Holt) atau sering disebut juga Metode pemulusan Bksponensial untuk data Trend, pertumbuhan penjualan, dan pertunibuhan pertriwulan. Peranoalan penjualan yang digunakan dapat ditunjukan sebagai landasan bagi perencanaan penjualan, dengan maksud agar jumlah rencana scpada motor yang akan dijual oleh perusahaan dapat memenuhi target penjualan yang diharapkan sesuai dengan yang diramalkan. Selain itu ramalan penjualan dalam suatu perusahaan berfungsi untuk membandingkan realisasi kegiatan perusahaan yang didasarkan pada pesanan-pesanan yang terdapat pada masa itu dengan apa yang diramalkan. Dari ramalan itulah kemudian dibuat rencana penjualan. Dal^ menentukan besamya volume poduksi masa yang akan datang penulis mencoba dengan menggunakan metode dua parameto- Holt (metode Holt) yaitu metode yang noengikuti suatu trend linier Qiemulusan ekponensial untuk data tren^. Pelaksanaan penjualan pada PT. wahana Ottomotra Multiartha Tbk. Pada pertumbuhan penjualan sebesar 3.15% sedangkan imtuk pertumbuhan harga sebesar 2.94% berdasarkm penjualan dan pertumbuhan harga dari t^im 2006 sanpai 2008 kurang dari <10% nilai yang dianggap paling jelek yang didapat oleh PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dari basil perhitungan peramalan penjualan yang mempergunakan kombinasi a = 0,1 dan p = 0,3. a = 0,3 dan p = 0,3 serta a = 0,3 dan p = 0,5 yang dipergunakan sd)agai factor penimbang dalam perhitungan dalam perhitungan peramalan dan basil perhitungan MAD (Mean Absolute Deviatian) yang d^eroleh, maka penyusun menyinqjulkan bahwa kombinasi a = 0,1 dan p = 0,3 yang hanya mendekati penyesuaian, karena koi^inasi inilah yang menperoleh basil kesalahan peramalan yang paling kecil. Untuk mengetahui seberapa penting peramalan penjualan untuk menentukan perencanaan penjualan pada PT.Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.penulis mencoba dengan mengundcan metode Holt dari data-data yang penulis peroleh dari PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dihasilkan kombinasi yang tepat yaitu kombinasi a =0,1 dan p = 0,3 yang dapat dipergunakan oleh perusahaan, karena kombinasi inilah yang memperoleh kesalahan yang paling kecil, dam dari perhitungan-perhitungan peramalan diperoleh basil ramalan sebesar 234.803 untuk periode saat ini. Dengan menerapkan suatu ramalan penjualan untuk merencanakan rencana penjualan dan produksi diharapkan target produksi dan penjualan dengan mudah ditentukan oleh suatu perusahaan-perusahaan dalam menentukan suatu peramalan penjualan pada saat yang akan datang. en_US
dc.description.sponsorship Sri Hartini - Sri Pudjawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Penman Peramalan Penjualan en_US
dc.title Penman Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Sq)eda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account