Abstract:
KAMALIAWAN. NPM 021104196. Penman Peramalan Penjualan Untuk Menentukan
Tingkat Penjualan Sq)eda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.
Dibawah bimbingan: Ibu Sri Martini, MM., SB. dan Ibu Sri Pudjawati, MM., SB.
Tuntutan dan konsiunen saat ini nierq)akan t(q)ik yang dirasakan pengarubnya oleh
perusahaan terutama dalam situasi persaingan yang cukiq) tajam d^asaran. Tuntutan tersebut
dapat diklasifikaasikan atas kehendak untuk mendapatkan kualitas yang t^at, kuantitas yang
sesuai dan waktu yang tqiat pula. Dilain pihak jika tuntutan itu d^enuhi dengan baik maka
perusahaan tersebut tidak akan mengalami suatu kesulitan dalam memasarkan produknya.
Objek penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu data laporan penjualan
sq)eda motor honda PT. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dengan menganalisis laporan
penjualan pada tiga periode (2006 - 2008) yang terdapat diPusat Referensi Pasar Modal Bursa
Bfek Jakarta. Teknis penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif.
Metode analisis yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini yaitu metode dua
parameter Holt (metode Holt) atau sering disebut juga Metode pemulusan Bksponensial
untuk data Trend, pertumbuhan penjualan, dan pertunibuhan pertriwulan.
Peranoalan penjualan yang digunakan dapat ditunjukan sebagai landasan bagi
perencanaan penjualan, dengan maksud agar jumlah rencana scpada motor yang akan dijual
oleh perusahaan dapat memenuhi target penjualan yang diharapkan sesuai dengan yang
diramalkan. Selain itu ramalan penjualan dalam suatu perusahaan berfungsi untuk
membandingkan realisasi kegiatan perusahaan yang didasarkan pada pesanan-pesanan yang
terdapat pada masa itu dengan apa yang diramalkan. Dari ramalan itulah kemudian dibuat
rencana penjualan.
Dal^ menentukan besamya volume poduksi masa yang akan datang penulis
mencoba dengan menggunakan metode dua parameto- Holt (metode Holt) yaitu metode yang
noengikuti suatu trend linier Qiemulusan ekponensial untuk data tren^. Pelaksanaan
penjualan pada PT. wahana Ottomotra Multiartha Tbk. Pada pertumbuhan penjualan sebesar
3.15% sedangkan imtuk pertumbuhan harga sebesar 2.94% berdasarkm penjualan dan
pertumbuhan harga dari t^im 2006 sanpai 2008 kurang dari <10% nilai yang dianggap
paling jelek yang didapat oleh PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dari basil perhitungan
peramalan penjualan yang mempergunakan kombinasi a = 0,1 dan p = 0,3. a = 0,3 dan p = 0,3
serta a = 0,3 dan p = 0,5 yang dipergunakan sd)agai factor penimbang dalam perhitungan
dalam perhitungan peramalan dan basil perhitungan MAD (Mean Absolute Deviatian) yang
d^eroleh, maka penyusun menyinqjulkan bahwa kombinasi a = 0,1 dan p = 0,3 yang hanya
mendekati penyesuaian, karena koi^inasi inilah yang menperoleh basil kesalahan peramalan
yang paling kecil. Untuk mengetahui seberapa penting peramalan penjualan untuk
menentukan perencanaan penjualan pada PT.Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.penulis
mencoba dengan mengundcan metode Holt dari data-data yang penulis peroleh dari PT.
Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dihasilkan kombinasi yang tepat yaitu kombinasi a =0,1
dan p = 0,3 yang dapat dipergunakan oleh perusahaan, karena kombinasi inilah yang
memperoleh kesalahan yang paling kecil, dam dari perhitungan-perhitungan peramalan
diperoleh basil ramalan sebesar 234.803 untuk periode saat ini. Dengan menerapkan suatu
ramalan penjualan untuk merencanakan rencana penjualan dan produksi diharapkan target
produksi dan penjualan dengan mudah ditentukan oleh suatu perusahaan-perusahaan dalam
menentukan suatu peramalan penjualan pada saat yang akan datang.