FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Peranan Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Tin^t Penjualan Sepeda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottondtra Multiartha Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.author Kamaliawan, Kamaliawan
dc.date.accessioned 2024-06-27T02:44:08Z
dc.date.available 2024-06-27T02:44:08Z
dc.date.issued 2009-04-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8584
dc.description.abstract KAMALIAWAN. NPM 021104196. Peranan Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Tin^t Penjualan Sepeda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottondtra Multiartha Tbk. Dibawah bimbingan: Ibu Sri Hartini, MM., SB. dan Ibu Sri Pudjawati, MM., SB. Tuntutan dari konsumen saat ini mmq)akan topik yang dirasakan pengaruhnya oleh perusahaan terutama dalam situasi persaingan yang cukup tajam dipasaran. Tuntutan tersebut dapat diklasifikaasikan atas kehendak untuk mendapatkan kualitas yang tepat, kuantitas yang sesuai dan waktu yang tepat pula. Dilain pihak jika tuntutan itu d^enuhi dengan baik maka perusahaan tersebut tidak akan mengalami suatu kesulitan dalam memasarkan produknya. Objek penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu data laporan penjualan sq)eda motor honda PT. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dengan menganalisis laporan penjualan pada tiga periode (2006 - 2008) yang terdapat diPusat Referensi Pasar Modal Bursa Efek Jakarta. Teknis penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini yaitu metode dua parameter Holt (metode Holt) atau sering disebut juga Metode pemulusan Bksponensial untuk data Trend, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhanpertriwulan. Peramalan penjualan yang digunakan dapat ditunjukan sebagai landasan bagi perencanaan penjualan, dengan maksud agar jumlah rencana sepada motor yang akan dijual oleh perusahaan dapat memenuhi target penjualan yang dihuapkan sesuai dengan yang diramalkan. Selain itu ramalan penjualan dalam suatu perusahaan berfimgsi imtuk membandingkan realisasi kegiatan perusahaan yang didasarkan pada pesanan-pesanan yang terdapat pada masa itu dengan apa yang diramalkan. Dari ramalan itulah kemudian dibuat rencana penjualan. Dalam menentukan besamya volume poduksi masa yang akan datang penulis mencoba dengan menggunakan metode dua parameter Holt (metode Holt) yaitu metode yang mengikuti suatu trend linier (pemulusan ekponensial untuk data trend). Pelaksanaan penjualan pada PT. wahana Ottomotra Multiartha Tbk. Pada pertumbuhan penjualan sebesar 3.15% sedangkan untuk pertumbuhan harga sebesar 2.94% berdasarlum penjualan dan pertumbuhan harga dari tahun 2006 sanqiai 2008 kurang dari <10% nilai yang dianggap paling jelek yang didapat oleh PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dari hasil perhitungan peramalan penjualan yang merr^ergunakan kombinasi a =" 0,1 dan p = 0,3. a = 0,3 dan p = 0,3 serta a = 0,3 dan p = 0,5 yang dipergunakan sebagai factor penimbang dalam perhitungan dalam perhitungan peramalan dan hasil perhitungan MAD (Mean Absolute Deviatian) yang diperoleh, maka penyusun menyin^ulkan bahwa kombinasi a = 0,1 dan p = 0,3 yang hrmya mendekati penyesuaian, karena kor^inasi inilah yang men:q)eroleh hasil kesalahan peramalan yang paling kecil. Untuk mengetahui seberapa penting peramalan penjualan untuk menentukan perencanaan penjualan pada PT.Wahana Ottomitra Multiartha TbLpenulis mencoba dengan mengimakan metode Holt dari data-data yang penulis peroleh d^ PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dihasilkan kombinasi yang tepat yaitu kombinasi a ==0,1 dan P = 0,3 yang dapat dipergimakan oleh perusahaan, karena kombinasi inilah yang metiq)eroleh kesalahan yang paling kecil, dan dari po-hitungan-perhitungan peraiWan d^eroleh hasil ramalan sebesar 234.803 untuk periode saat ini. Dengan menerapkan suatu ramalan penjualan untuk merencanakan rencana penjualan dan produksi diharapkan target produksi dan penjualan dengan mudah ditentukan oleh suatu perusahaan-poiisahaan dalam menentukan suatu peramalan penjualan pada saat yang akan datang. en_US
dc.description.sponsorship Sri Hartini - Sri Pudjawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Peranan Peramalan Penjualan en_US
dc.title Peranan Peramalan Penjualan Untuk Menentukan Tin^t Penjualan Sepeda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottondtra Multiartha Tbk. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account