Abstract:
KAMALIAWAN. NPM 021104196. Peranan Peramalan Penjualan Untuk Menentukan
Tin^t Penjualan Sepeda Motor Honda Siq)ra Pada PT. Wahana Ottondtra Multiartha Tbk.
Dibawah bimbingan: Ibu Sri Hartini, MM., SB. dan Ibu Sri Pudjawati, MM., SB.
Tuntutan dari konsumen saat ini mmq)akan topik yang dirasakan pengaruhnya oleh
perusahaan terutama dalam situasi persaingan yang cukup tajam dipasaran. Tuntutan tersebut
dapat diklasifikaasikan atas kehendak untuk mendapatkan kualitas yang tepat, kuantitas yang
sesuai dan waktu yang tepat pula. Dilain pihak jika tuntutan itu d^enuhi dengan baik maka
perusahaan tersebut tidak akan mengalami suatu kesulitan dalam memasarkan produknya.
Objek penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu data laporan penjualan
sq)eda motor honda PT. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dengan menganalisis laporan
penjualan pada tiga periode (2006 - 2008) yang terdapat diPusat Referensi Pasar Modal Bursa
Efek Jakarta. Teknis penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif.
Metode analisis yang digunakan dalam pembuatan skripsi ini yaitu metode dua
parameter Holt (metode Holt) atau sering disebut juga Metode pemulusan Bksponensial
untuk data Trend, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhanpertriwulan.
Peramalan penjualan yang digunakan dapat ditunjukan sebagai landasan bagi
perencanaan penjualan, dengan maksud agar jumlah rencana sepada motor yang akan dijual
oleh perusahaan dapat memenuhi target penjualan yang dihuapkan sesuai dengan yang
diramalkan. Selain itu ramalan penjualan dalam suatu perusahaan berfimgsi imtuk
membandingkan realisasi kegiatan perusahaan yang didasarkan pada pesanan-pesanan yang
terdapat pada masa itu dengan apa yang diramalkan. Dari ramalan itulah kemudian dibuat
rencana penjualan.
Dalam menentukan besamya volume poduksi masa yang akan datang penulis
mencoba dengan menggunakan metode dua parameter Holt (metode Holt) yaitu metode yang
mengikuti suatu trend linier (pemulusan ekponensial untuk data trend). Pelaksanaan
penjualan pada PT. wahana Ottomotra Multiartha Tbk. Pada pertumbuhan penjualan sebesar
3.15% sedangkan untuk pertumbuhan harga sebesar 2.94% berdasarlum penjualan dan
pertumbuhan harga dari tahun 2006 sanqiai 2008 kurang dari <10% nilai yang dianggap
paling jelek yang didapat oleh PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dari hasil perhitungan
peramalan penjualan yang merr^ergunakan kombinasi a =" 0,1 dan p = 0,3. a = 0,3 dan p = 0,3
serta a = 0,3 dan p = 0,5 yang dipergunakan sebagai factor penimbang dalam perhitungan
dalam perhitungan peramalan dan hasil perhitungan MAD (Mean Absolute Deviatian) yang
diperoleh, maka penyusun menyin^ulkan bahwa kombinasi a = 0,1 dan p = 0,3 yang hrmya
mendekati penyesuaian, karena kor^inasi inilah yang men:q)eroleh hasil kesalahan peramalan
yang paling kecil. Untuk mengetahui seberapa penting peramalan penjualan untuk
menentukan perencanaan penjualan pada PT.Wahana Ottomitra Multiartha TbLpenulis
mencoba dengan mengimakan metode Holt dari data-data yang penulis peroleh d^ PT.
Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Dihasilkan kombinasi yang tepat yaitu kombinasi a ==0,1
dan P = 0,3 yang dapat dipergimakan oleh perusahaan, karena kombinasi inilah yang
metiq)eroleh kesalahan yang paling kecil, dan dari po-hitungan-perhitungan peraiWan
d^eroleh hasil ramalan sebesar 234.803 untuk periode saat ini. Dengan menerapkan suatu
ramalan penjualan untuk merencanakan rencana penjualan dan produksi diharapkan target
produksi dan penjualan dengan mudah ditentukan oleh suatu perusahaan-poiisahaan dalam
menentukan suatu peramalan penjualan pada saat yang akan datang.