Abstract:
BUDI PRASTYO. 021100270. Peranan Strategi Segmentasi Pasar Dalaui > i . <
Peningkatan Penjualao Pada PT. Goodycar Indon^ia, Tbk Bogor. Dibawab
Bimbingan: Bapak Usman Zakaria dan Ibu Yetty Husnul Hayati.
Meningkatnya kebutuhan konsumen akan kendaraan bermotor sebagai alat
tranportasi, Baik itu sebagai transportasi pribadi maupun umum secara tidak langsung
akan berpengaruh terhadap meningkatnya akan kebutuhan ban sehingga otomatis akan
menimbulkan persaingan di antara produsen tersebut di dalam menawarkan produknya.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka PT. Goodyear Indonesia, Tbk perlu untuk melakukan
strategi segmentasi, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui segmen pasar yang
potensialdengan produk yang diinginkan, sehingga akan lebih efektif dan efisien dalam
memasarkan produknya, karena berdasarkan pangsa pasar yang ada, PT. Goodyear
Indonesia,Tbk kalah bersaing dengan para kompetitomya sehingga mempengaruhi tingkat
penjualannya yang hanya mencapai 0,92 juta unit. Sedangkan para pesaingnya, seperli
PT. Bridgestone Tire Indonesia penjuatn ban mobilnya mencapai 5,2 juta unit, PT. Gajah
Tunggal yang mencapai 3,63 juta unit, dan Sumi Rubber Indonesia 1,75 juta unit.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada
PT. Goodyear Indonesia, Tbk Bogor yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang
manufacturing (pabrik) dengan kegiatan utamanya adalah memproduksi, memasarkan dan
mendistribusikan produk ban untuk ban mobil penumpang, ban truk ringan, ban truk dan
bus yang diaplikasi dalam bentuk skripsi dengan judul: "Peranan Strategi Segmentasi
Pasar dalam Upaya Peningkatan Penjuatan Pada PT. Goodyear Indonesia, Tbk Bogor".
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi segmentasi pasar
yang dilakukan oleh PT. Goodyear Indonesia, 2) Untuk mengetahui hasil penjualan
produk ban pada PT. Goodyear Indonesia, dan 3) Untuk mengetahui peranan strategi
segmentasi pasar pasar dalam upaya peningkatan penjualan produk ban pada PT.
Goodyear Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriplif dengan metode penelitian
statistik kuantitatif berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik chi
square.
Berdasarkan hasil analisis diagram kartesius dapat disimpulkan bahwa pada
kuadran A diperoleh indikator yang memiliki tingkat kinerja di bawah rata-rata, tetapi
tin^at harapannya cukup tinggi diantaranya a) Anda membeli produk ban dari PT.
Goodyear Indonesia, Tbk karena harganya murah dibandingkan produk kompetitomya, b)
Anda membeli produk ban PT. Goodyear Indonesia, Tbk sesuai dengan kuantitas produk.
Pada kuadran B diperoleh indikator yang menjadi kekuatan perusahaan karena memiliki
kinerja dan harapan yang tinggi diantaranya: a) Sejauh ini, menurut anda apakah produk
ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk termasuk produk yang berkelas, b) Dilihat dari
segi image/citranya, apakah PT. Goodyear Indonesia, Tbk termasuk brandimage yang
sesuai dengan kepribadian anda, c) Apakah manfaat yang anda peroleh dengan
menggunakan produk ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk sudah sesuai dengan keingin
anda, d) Manfaat apa yang anda peroleh dengan membeli produk ban dari PT. Goodyear,
Tbk, e) Sejauh ini faktor mutu produk yang menjadi pilihan anda membeli produk ban
dari PT. Goodyear Indonesia,Tbk dibandingkan harga pokok yang ditawarkan, f) sejauh
ini faktor daya tahan yang menjadi pilihan anda membeli produk ban dari PT. Goodyear
Indonesia Tbk. Pada kuadran C diperoleh indikator yang akan memiliki kinerja dan
harapan yang relatif rendah. Indikator ini perlu diperhatikan dan dikelola dengan serius,
karena ketidakpuasan konsumen pada umumnya berawal dari indikator: a) Apakah anda
akan tetap membeli produk ban dari PT. Goodyear liu:
ditawarkan lebih mahai dari pesaing, b) Sejauh ini kepiiu:>ii
membeli produk ban dari PT. Goodyear, Tbk berdasarkan i
dengan keinginan anda. Pada kuadran D diperoleh indikator iii: m. .
menurut konsumen sangat baik, tetapi indikator Ini memiliki tingkat harapaii
begitu penting diantaranya: a) Apabila ada produk ban baru dari PT. Goodyear, • jiv.
apakah anda selalu membelinya, dan b) Sejauh ini faktor kuantitas produk yang menjadi
pilihan anda membeli produk ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk dibandingkan harga
pokok yang ditawarkan (no.7).
Sedangkan dari hasil analisis statistik dengan menggunakan Minitab v. 13 maka
diperoleh hasil pada tingkat kinerja diperoleh nilai CS hitung (486,486) > CS table
(55,758), maka Ho ditoiak, artinya segmentasi pasar didasarkan persepsi konsumen jika
dilihat pada tingkat kinerja (pengalaman) sangat berpengaruh terhadap hasil penjuaian
pada PT. Goodyear Indonesia Tbk dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan
nilai kontigensi yang diperoleh sebesar 0,911, ini menunjukan hubungannya sangat erat
antara segmentasi pasar dengan penin^tan penjuaian. Sedangkan pada tin^at harapan
diperoleh nilai CS hitung (138,733) > CS table (55,758), maka Ho ditoiak, artinya
segmentasi pasar didasarkan persepsi konsumen jika dilihat pada tingkat harapan sangat
berpengaruh terhadap hasil penjuaian pada PT. Goodyear Indonesia, Tbk dengan tingkat
kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan nilai kontigensi yang diperoleh sebesar 0,762, ini
menunjukan hubungannya sangat erat antara segmentasi pasar dengan peningkatan
penjuaian.