FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Peranan Strategi Segmentasi Pasar Dalaui > i . < Peningkatan Penjualao Pada PT. Goodycar Indon^ia, Tbk Bogor

Show simple item record

dc.contributor.author Prastyo, Budi
dc.date.accessioned 2024-06-27T02:01:33Z
dc.date.available 2024-06-27T02:01:33Z
dc.date.issued 2009-03-14
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8575
dc.description.abstract BUDI PRASTYO. 021100270. Peranan Strategi Segmentasi Pasar Dalaui > i . < Peningkatan Penjualao Pada PT. Goodycar Indon^ia, Tbk Bogor. Dibawab Bimbingan: Bapak Usman Zakaria dan Ibu Yetty Husnul Hayati. Meningkatnya kebutuhan konsumen akan kendaraan bermotor sebagai alat tranportasi, Baik itu sebagai transportasi pribadi maupun umum secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap meningkatnya akan kebutuhan ban sehingga otomatis akan menimbulkan persaingan di antara produsen tersebut di dalam menawarkan produknya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka PT. Goodyear Indonesia, Tbk perlu untuk melakukan strategi segmentasi, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui segmen pasar yang potensialdengan produk yang diinginkan, sehingga akan lebih efektif dan efisien dalam memasarkan produknya, karena berdasarkan pangsa pasar yang ada, PT. Goodyear Indonesia,Tbk kalah bersaing dengan para kompetitomya sehingga mempengaruhi tingkat penjualannya yang hanya mencapai 0,92 juta unit. Sedangkan para pesaingnya, seperli PT. Bridgestone Tire Indonesia penjuatn ban mobilnya mencapai 5,2 juta unit, PT. Gajah Tunggal yang mencapai 3,63 juta unit, dan Sumi Rubber Indonesia 1,75 juta unit. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT. Goodyear Indonesia, Tbk Bogor yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing (pabrik) dengan kegiatan utamanya adalah memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan produk ban untuk ban mobil penumpang, ban truk ringan, ban truk dan bus yang diaplikasi dalam bentuk skripsi dengan judul: "Peranan Strategi Segmentasi Pasar dalam Upaya Peningkatan Penjuatan Pada PT. Goodyear Indonesia, Tbk Bogor". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh PT. Goodyear Indonesia, 2) Untuk mengetahui hasil penjualan produk ban pada PT. Goodyear Indonesia, dan 3) Untuk mengetahui peranan strategi segmentasi pasar pasar dalam upaya peningkatan penjualan produk ban pada PT. Goodyear Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriplif dengan metode penelitian statistik kuantitatif berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik chi square. Berdasarkan hasil analisis diagram kartesius dapat disimpulkan bahwa pada kuadran A diperoleh indikator yang memiliki tingkat kinerja di bawah rata-rata, tetapi tin^at harapannya cukup tinggi diantaranya a) Anda membeli produk ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk karena harganya murah dibandingkan produk kompetitomya, b) Anda membeli produk ban PT. Goodyear Indonesia, Tbk sesuai dengan kuantitas produk. Pada kuadran B diperoleh indikator yang menjadi kekuatan perusahaan karena memiliki kinerja dan harapan yang tinggi diantaranya: a) Sejauh ini, menurut anda apakah produk ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk termasuk produk yang berkelas, b) Dilihat dari segi image/citranya, apakah PT. Goodyear Indonesia, Tbk termasuk brandimage yang sesuai dengan kepribadian anda, c) Apakah manfaat yang anda peroleh dengan menggunakan produk ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk sudah sesuai dengan keingin anda, d) Manfaat apa yang anda peroleh dengan membeli produk ban dari PT. Goodyear, Tbk, e) Sejauh ini faktor mutu produk yang menjadi pilihan anda membeli produk ban dari PT. Goodyear Indonesia,Tbk dibandingkan harga pokok yang ditawarkan, f) sejauh ini faktor daya tahan yang menjadi pilihan anda membeli produk ban dari PT. Goodyear Indonesia Tbk. Pada kuadran C diperoleh indikator yang akan memiliki kinerja dan harapan yang relatif rendah. Indikator ini perlu diperhatikan dan dikelola dengan serius, karena ketidakpuasan konsumen pada umumnya berawal dari indikator: a) Apakah anda akan tetap membeli produk ban dari PT. Goodyear liu: ditawarkan lebih mahai dari pesaing, b) Sejauh ini kepiiu:>ii membeli produk ban dari PT. Goodyear, Tbk berdasarkan i dengan keinginan anda. Pada kuadran D diperoleh indikator iii: m. . menurut konsumen sangat baik, tetapi indikator Ini memiliki tingkat harapaii begitu penting diantaranya: a) Apabila ada produk ban baru dari PT. Goodyear, • jiv. apakah anda selalu membelinya, dan b) Sejauh ini faktor kuantitas produk yang menjadi pilihan anda membeli produk ban dari PT. Goodyear Indonesia, Tbk dibandingkan harga pokok yang ditawarkan (no.7). Sedangkan dari hasil analisis statistik dengan menggunakan Minitab v. 13 maka diperoleh hasil pada tingkat kinerja diperoleh nilai CS hitung (486,486) > CS table (55,758), maka Ho ditoiak, artinya segmentasi pasar didasarkan persepsi konsumen jika dilihat pada tingkat kinerja (pengalaman) sangat berpengaruh terhadap hasil penjuaian pada PT. Goodyear Indonesia Tbk dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan nilai kontigensi yang diperoleh sebesar 0,911, ini menunjukan hubungannya sangat erat antara segmentasi pasar dengan penin^tan penjuaian. Sedangkan pada tin^at harapan diperoleh nilai CS hitung (138,733) > CS table (55,758), maka Ho ditoiak, artinya segmentasi pasar didasarkan persepsi konsumen jika dilihat pada tingkat harapan sangat berpengaruh terhadap hasil penjuaian pada PT. Goodyear Indonesia, Tbk dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sedangkan nilai kontigensi yang diperoleh sebesar 0,762, ini menunjukan hubungannya sangat erat antara segmentasi pasar dengan peningkatan penjuaian. en_US
dc.description.sponsorship Usman Zakaria - Yetty Husnul Hayati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Upaya Peningkatan Penjualan en_US
dc.title Peranan Strategi Segmentasi Pasar Dalaui > i . < Peningkatan Penjualao Pada PT. Goodycar Indon^ia, Tbk Bogor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account