Abstract:
SETY KHULAEFAH. NPM 021105212. Pcngaruh Strategi Pcngembragan Produk
Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Coca Cola Indcmesia-Cibitung Bekasi
Dibawahbini>mgan: BUKTIGINTING dan SRI PUDJAWATI.
Strategi pengembangan produk adalah suatu upaya yang dilakukan perusahaan
Halam wftngftirhntigtati produk bam atau produk yang disenqjumakan untuk pasar yang
sudab ada. Peningkatan penjualan merupakan suatu basil yang diperoldi perusabaan dari
iiacii penjualan produk-produknya. Peningkatan penjualan d^engaruhi oleb produk yang
ditawarkan ke pasar sasaran. Pengembangan produk dilakukan untuk meningkatkan basil
penjualan serta irntnk mampertaliankan masa depan perusabaan. Hal ini dilakukan agar
konsumen merasa puas produk yang diberikan dan agar konsumen tidak beralih
keproduk pesaing yang sgenis. Dengan latar belakang alasan tersebu^ maka tujuan dan
penelitian yang HilalniVan adalab untuk mengetabui pelaksanaan strategi pengembangan
produk serta pengarub strategi pengembangan pro^ tahadap penin^tan penjualan
pada PT. Coca Cola Indonesia-Cibitung Bekasi
Jenis penelitian yang digunakan adalab veiifikatif dengan metode explanatory
survey, sedangkan telcm'k penelitian yang digunakan adalab statistik kuantitatif. Prosedur
pengunq>ulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan
wawancara Han pengamatan (observasi). Metode anabsis yang digunakan (Main
pengolaban data adalab analisis regresi bcrganda dan analisis korelasi detenninasi
Sedangken imhilc menguji bipotesisnya digunakan analisis dengan distribusi t.
Pelaksanaan strategi pengeinbangan produk yang dilakukan PT. Coca Cola
Indonesia-Cibitung Bekasi adalab modifikasi produk yang sudab ada, yaitu dengan
menanibab dari bahan baku dan kemasan. Produk yang dikembangkan hanya
d^eibaiki atau ditanabab baik dari segi kualitas, keistimcwaan, dan style-modeL
HasR peigualan dari pengembangan proAik pada PT. Coca Cola Indonesia Cibitung
Bekasi untuk coca cola zero kurang baik karena masib dibawab standar perusabaaa
Sedangkan untuk diet coke basil penjualannya sudab bail^ karena sudab diatas standar
penjualan perusabaan.
Berdasarican pohitungan analisis regresi berganda d^eroleb persamaan gans
regresi Y = 0,882 + 4,001 X,+ 4,000 X^. Ini berarti babwa jika tidak ada
pengeinbangan produk (x = 0) maka pengembangan prixbik sebesar 0,882 per tabun.
Sedangkan strategi pengembangan pro^ beipengarub terbadqi peningkatan penjualan
coca cola zero (Xi) sdiesar 4,001 dan diet coke (X2) sebesar 4,000. Adapun dari
perbitungan analisis korelasi detenninasi d^eroleb nilai 1. Ini berarti babwa hubungan
antara strategi pengembangan produk dengm peningkatan penjualan meuipunyai
hiiKinigiti yang CTat positit Sedangkan dari perbitungan uji bipotesisnya didapat
kesimpulan (1.329,298) lebib besar dari (5,05). Hal terscbut membnktikan
babwa secara signifikan dengan o 0,05 strategi pengembangan produk mempimyai
pengarub positif terhadap peningkatan penjualan pada PT. Coca Cola Indonesia-Cibitung
Bek^