Abstract:
RAHMAT TUWLOH. 021104341. Penganih Repositioning Brand Equity Guna
Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada XL Center Bogor. Dibawah Pembimbing: SRI
HARTINI dan Co. Pembimbing SRI PUDJAWATL
Hakekat suatu bisnis industri telekomunikasi seluler adalah kemudahan dan kenyamanan
bertelekomimikasi secara mobile. Tidaklah heran biia semua operator sepertinya berlomba untuk
terus mengembangkan luas cakupan iayanan (coverage), demikian juga dengan kapasitas, mutu
dan variasi layanannya. Dalam kondisi pasar yang kompetitif, preferensi dan ioyaiitas pelanggan
adalah kunci kesuksesan. Beragam motivasi untuk membeli memainkan peranan kuat pada
berbagai waktu dan tempat Saat ini, para pelanggan memberikan bobot yang lebih besar pada
kualitas dan nilai dalam membuat keputusan membeli. Oleh karena itu, agar dapat memenangkan
persaingan akibat banyaknya produk sejenis dipasaran, setiap operator hanis meningkatkan
"brand" atau citra merek yang telah ada sehingga dapat menciptakan kesetiaan pelanggan
teihadap penisahaan.
Walaupun FT. Excelcomindo Pratama Tbk, telah mampu memenuhi permintaan
kebutuhan pelanggan, akan tet^i hal tersebut tidak dapat digunakan sebagai penilaian bahwa
penisahaan telah berhasil dalam usahanya, dan hal ini terbukti dengan masih banyaknya jumlah
keluhan dari para pelanggan. Untuk itu, FT. Excelcomindo Fratama, Tbk harus berupaya untuk
meningkatkan ekuitas merek yang dapat dijadikan landasan dari program pemasaran untuk
menciptakan kesetiaan konsumen terhadap merek. Berdasaikan hal tersebut, ma^ penulis tertarik
melakiikan penelitian yang diaplikasll^ dalam bentuk skripsi dengan judul: Pengaruh
Repositioning Brand E^ity Guna Meningkatkan Kqtuasan Konsumen Pada XL Center Bogor
dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui repositioning brand equity pada XL Center Bogor, 2) Untuk
mengetahui tin^t kepuasan konsumen pada XL Center Bogor, dan 3) Untuk mengetahui
pengaruh repositioning brand equity guna meningkatkan kepuasan konsumen pada XL Center
Bogor.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode penelitian studi kasus
berupa mengumpulkan data dan menguraikan secara menyeiuruh dan teliti sesuai dengan masalah
yang akan dipeodikan dengan menggunakan tehnik penelitian statistik kuantitatif yaitu anaiisis chi
square.
Repositioning brand equity pada produk XL sebeiumnya dikenal sebagai produk GSM
yang dikhususkan untuk golongan Iraum profesional atau golongan atas saja. Namun, seiring
dengan perkembangannya FT. Excelcomindo Fratama berupaya untuk meningkatkan penjualarmya
dengan memasuki pasar potensial, yang notabene mayoritas berasal dari kalangan menen^
bawah melalui kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), Ioyaiitas
merek (brand loyalty), asosiasi merek (brand association). Kini XL berubah image sebagai produk
GSM untuk semua golongan dan bukan lagi sebagai operator mahal. Seiring dengan
perkembangannya, penerapan repositioning brand equity sudah dapat dikatakan beijalan dengan
baik dan ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah pelanggan yang sangat signifikan dibandingkan
sebelum menerapkan repositioning brand equity.
Berdasaikan hasil anaiisis dengan menggunakan program Minitab v. 13 dapat disimpulkan
bahwa: 1) Untuk indOcator kineija diketahui bahwa nilai CSutmg (897,314) > CStabd (43,775), maka
Ho ditolak, artinya repositioning brand equity berdasarkan persepsi konsumen jika ^lihat pada
tingkat kineija ^ngalaman) sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada XL Center
Bogor dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. 2) Untuk indikator harapan dike^ui bahwa nilai
CShimng (680,728) > CSubd (43,775), maka Ho ditolak, artinya repositioning brand equity
berdasaii^ persepsi konsumen Jika dilihat pada tingkat harapan sangat berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen pada XL Center Bogor dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%
Kata kunci: Repositioning Brand Equity, Kepuasan Konsumen