Abstract:
PUTUT PANJISETYA SUNARYO. 02110S032. Pengaruh Perilaku Konsumen
Terhadap Penjualan Sepeda Motor "Honda** Pada PT. Daya Anugrah Mandiri Di
Wilayah Kelurahan Sukamaju Baru Cimanggis Depok. Dibawah Bimbingan :
USMAN ZAKARIA, MSi., SE dan YETTV HUSNUL, MM., SE.
Perkembangan perekonomian saat ini setelah krisis global yang teijadi
menyebabkan kalangan industri di Indonesia berebut untuk mendapatkan konsumen
terutama kepada industri-industri yang terkena imbasnya akibat krisis global. Oleh
karena itu industri tersebut hams bempaya untuk men^patkan konsumen sebanyak
mungkin untuk mempertahankan usahanya sehingga teijadilah persaingan antara
perusahaan-penisahaan yang menghasilkan produk sejenis. Persaingan industri usaha
yang satu dengan yang lain teijadi pula dalam dunia otomotif yang khususnya di
Indonesia, hal ini menyebabkan persaingan semakin ketat, sehingga perusahaan berusaha
untuk berproduktif secara efeMf dan efisien. Akibatnya pihak perusahaan selaku
produsen yang berlungsi seb^ai penciptaan atau penghasil suatu produk mengalami
kesulitan dalam memasarican suatu produknya kepada konsumen. Disini perilaku
konsumen sangat sekali berpengaruh ketika para pemasar menyadari bahwa para
konsumen tidak selalu bertindak atau memberikan realui seperti yang dikemukakan oleh
teori pemasaran. Walaupun pendekatan "saya juga" kadang-ka^g mempakan mode,
banyak konsumen menolak untuk memakai produk yang sama dengan yang dipakai oleh
orang lainnya. sebaliknya, mereka lebih menyukai produk terbedakan yang mereka rasa
mencerminkan kebutuhan khusus, kepribadian, dan gaya hidup mereka. Bahkan dalam
berbagai pasar industri, dimana akan kebutuhan alum barang dan jasa selalu lebih
homogen dari pada di pasar-pasar konsumen, para pembeli memperlihatkan atau
menunjukan referensi (kelebih-sukaan) yang beragam dan perilaku membeli yang kurang
(kq)at diramalkan dan konsumsi pemakaian akhir barangkali mempakan perilaku
konsumen yang paling luas dibanding dengan semua jenis perilaku konsumen lain, karena
melibatkan setiap individu, dari setiap kelompok umur dw latar belakang, dalam peran
sebagai pembeli atau pemakai atau k^uanya. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis
tertarik untuk melakukan penelhian terhadap perilaku konsumen sepeda motor Honda di
wilayah Kelurah Sukamaju Bam Cimanggis Depok pada PT. Daya Anugrah Mandiri
yang diaplikasikan dalam bentuk skripsi dengan judul : "Pengaruh Perilaku Konsumen
Terhadap Penjualan Sepeda Motor "Honda" Pada PT. Daya Anugrah Mandiri Di
Wilayah Kelurahan Stdcamaju Baru Cimanggis Depok", dengan tujuan 1) Untuk
mengidentifikasi ciri-ciri konsumen sepeda motor Honda, 2) Untuk mengetahui penjualan
sepeda motor Honda pada PT. Daya Anugrah Mandiri, dan 3) Untuk mengetahui
pengaruh Perilaku Konsumen teihad^ tingkat penjualan sepeda motor Honda pada PT.
Daya Anugrah Mandiri.
Jenis penelitian yang diguhakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan
metode penelitian explanatory survey yaitu metode yang bertujuan menguji hipotesa yang
menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan antar variabel. Sedan^can tehnik
penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan metode analisis chi square.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan chi square dapat disimpulkan
bahwa pada tingkat kineija diperoleh nilai nilai CS hitung (203,32) > CS tabel (67,50),
maka Ho ditolak, artinya pengamh perilaku konsumen terhadap penjualan sepeda motor
Honda di Wilayah Kelurahan Sukamaju Bam Cimanggis Depok. Sedangkan berdasarkan
pengujian statistik pada tingkat kineija (pengalaman) untuk diuji keeratannya, terayata
hubungannya kuat, yaitu sebesar 0,89 atau 89%.