Abstract:
SELISTYO DWI PRASOJO, NPM 021103275. "Pengaruh Periklanan Terhadap
Peningkatan Penjualan Pada PT. Setiajaya Mobilindo". Di Bawah
Bimbingan BUKTIGINTING MM, SE dan SRI HBDAYATIRAMDHANI MM, SE
Dewasa ini^ perkembangan dunia usaha di Indonesia khususnya dunia industri
otomotif sangat pesat. Hal ini sejalan dengan perkembangan dunia ekonomi serta dampak
positif dari era globalisasi yang sangat mempengaruhi berbagai macam sektor misalnya
sektor industri otomotif di tuntut untuk dapat mengoptimalkan produknya. Banyak
perusahaan sejenis sehingga akan mendorong perusahaan tersebut melakukan banyak
perubahan dan perbaikan pada produknya di antaranya di dalam hal penklanan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kegiatan periklanan
yang di lakukan oleh PT.Setiajaya Mobilindo serta bagaimana pengaruh periklanan
terhadap peningkatan penjualan pada PT.Setiajaya Mobilindo.
Periklanan yang di lal^an oleh I^.Setiajaya Mobilindo adalah dengan
menggunakan media cetak, elektronik dan special event dan pembuatan produk baru
PT. Setiajaya Mobilindo merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang
otomotif.
Penelitian ini bersifat deskriptif eiqirolatif dengan metode verifikatif adapun
persamaan regresi korelasi untuk m^getahui seberapa besar nilai keterkaitan dari
periklanan dengan peningkatan penjualan pada perusahaan
Perusahaan yang dipilih merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam
bidang penjualan kendaraan yang berskala besar. Perusahaan ini dipilih oleh penulis
secara purposive, Himana perusahaan ini masih dapat dijangkau dari kota depok atau
tidak jauh dari lingknngan depok, sehingga perusahaan ini memungkinkan untuk diteliti
oleh penulis dengan menggunakan analisis regresi regresi korelasi maka akan diperoleh
persamaan regresi linier bergandanya adalah: Y= 75,lXi+ SOXj + 4,46X3. Adapun nilai
korelasinya adalah r = 0,3; CD = 9 data point dari koefisien determinasi terlalu kecil data
sebaiknya > 50%
Korelasi yang terukur dinyatakan sebagai nilai keterkaitan dari jumlah
penggunaan iklan serta penjualan 0,3 Himana dari basil korelasi ini karena
Fhitun8(l»12) < Ftabd(15,8) maka pada tingkat nyata 0,05 Ho diterima dan menolak Hi
berarti tidak ada keterkaitan antara periklanan terhadap penjualan yang dilakukan oleh
PT.Setiajaya Mobilindo.
Sehingga perusahaan sebaiknya tidak perlu menggunakan periklanan sebagai
promosinya, tetapi dapat juga mengganti promosinya dengan yang lebih efektif.