Abstract:
TAUFIQURRAHMAN. NPM 021102056. Pengaruh Pengembangan Lini
Produk Sandwich Terhadap Peningkatan penjualan di KFC cabang
Padjajaran Bogor. Dibawah blmbingan : Bapak Usman Zakaria dan Ibu
Yetty Husnul Hayati
Pengembangan lini produk diperiukan agar dapat menciptakan inovasi atas produk
yang sudah ada, sehingga berbeda dari produk yang sudah ada antara lain
mempunyai mutu yang lebih baik dari produk sebelumnya dan juga lebih baik dari
produk pesaing. Dengan demikian pengembangan lini produk dapat memberikan
manfaat yang lebih baik bagi konsumen dan juga bermanfaat bagi perusahaan itu
karena pada akhimya dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri
dengan meningkatkan penjualan dan laba yang optimum. Adapun tujuan
penelitian adalah : untuk mengetahui dan memahami kegitan pengembangan lini
produk yang dilakukan oleh perusahaan, untuk mengetahui dan memahami
kegiatan pengembangn lini produk yang di lakukan oleh perusahaan, untuk
mengetahui peningkatan penjualan pada Restaurant KFC CABANG
PADJAJARAN BOGOR., Dan untuk mempelajari, mengidentifikasi serta
melakukan kegiatan analisa atas peranan dan kegiatan pengembangan lini produk
sandwich terhadap peningkatan penjualan pada Restaurant KFC CABANG
PADJAJARAN BOGOR. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus,
bentuk penelitian deskriftif, dan tekhnik penelitian statistic kuantitatif.
Dari hasil perhitungan yang dilakukan dalam mengukur pengaruh
penegembangan lini produk terhadap peningkatan penjualan perusahaan maka di
peroleh hasil dengan menggunakan korelasi sederhana dengan persamaan sebagai
berikut : Y = 1968,58 + 33,91X yang artinya bahwa setiap biaya pengembangan
lini produk dapat meningkatkan penjualan perusahaan, namun apabila perusahaan
tidak melakukan pengembang lini produk maka penjualan hanya sebesar Rp.
1968,58(1 : 10.000)
Selanjutnya hasil perhitungan koofisien determinasi di peroleh hasil
sebesar55,12 % yang berarti bahwa peningkatan penjualan sebesar 55,12 %
disebabkan oleh adanya kegiatan pengembangan lini produk yang dilakukan oleh
Restaurant KFC Cabang Padjajaran Bogor, sedangkan sisanya sebesar 44,88 %
merupakan pengaruh faktor lainnya.Uji hipotesis dengan tingkat nyata yang di
gunakan adalah ; a = 0,05, K = variable bebas (X) = 1 variabel bebas. dan
N = jumlah sample observasi = 12 sampel, Jika F hUung > F table maka Ho ditolak,
sebaliknya jika F hitung < F table maka Ho diterima. Karena 12,28 >
^dk-Hn-k))^ 4,57 maka pada tingkat nyata 0,05 hipotesis Ho ditolak dan menerima
hipotesis Hi. Ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara biaya
pengembangan lini produk terhadap peningkatan penjualan