FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN FATIGON SPIRIT PADA PASAR TRADISIONAL DAN MODERN PT. KALBE FARMA Tbk

Show simple item record

dc.contributor.author Puspita Sari, Elen
dc.date.accessioned 2024-06-15T03:02:51Z
dc.date.available 2024-06-15T03:02:51Z
dc.date.issued 2009-05-02
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8508
dc.description.abstract ELEN PUSPITA SARI. NPM 021105299. Pengaruh Penetapan Harga Terliadap Peningkatan Penjualan Fatigon Spirit Pada Pasar Tradisional dan Modern PT. Kalbe Parma Tbk. Dibavvah Bimbingan: POERNOMO dan SRIE PUDJAWATI. Harga merupakan salah satu sasaran marketing mix yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya, keputusan mengenai harga harus dikoordinasikan dengan keputusan-keputusan mengenai desain produk, distribusi dan produksi. Penetapan harga merupakan salah satu strategi yang sangat penting bagi manajemen perusahaan. Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya, atau bahkan lebih dari itu, yaitu untuk mendapatkan laba. Di dalam menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan sifat persaingan yang terjadi di pasar karena apabila menetapkan harga yang salah, hal ini akan mengakibatkan bahaya bagi kelangsungan hidup perusahaan yang bersangkutan. PT. Kalbe Farma Tbk dalam menetapkan harganya menggunakan metode Cost Plus Pricing atau penetapan harga berbasiskan biaya, dimana perusahaan menghitung keseluruhan biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi ditambah mark-up dan Juga tarif cukai yang berlaku, yang kesemuanya dibebankan kepada konsumen. Satu manfaat dari cost-plus pricing adalah kemudahannya dalam penerapan, selain itu cara semacam ini juga akan mendorong tewujudnya stabilitas harga karena sebagian besar pesaing akan mencapai pada harga jual yang sama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan harga Fatigon Spirit pada PT. Kalbe Farma Tbk, Untuk mengetahui tingkat penjualan Fatigon Spirit pada PT. Kalbe Farma Tbk. dan untuk mengetahui pengaruh penetapan harga pada pasar tradisional dan pasar modem terliadap peningkatan hasil penjualan fatigon spirit pada PT. Kalbe Farma I bk. Penelitian ini dilakukan di PT. Kalbe Farma Tbk. yang bergerak dalam bidang kesehatan. Jenis penelitian adalah Deskriptif (EksploratiO dengan metode penelitian adalah Studi Kasus, yaitu penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas seperti halnya peranan strategi penetapan harga dalam meningkatkan penjualan yang penulis ambil sebagai objek penelitian dan sebuah personalitas yaitu perusahaan dengan teknik penelitian yang digunakan adalah Statistik Kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, korelasi serta uji hipotesa. PT. Kalbe Farma, Tbk. dalam menetapkan harganya menggunakan metode Cost Plus Pricing atau penetapan harga berbasiskan biaya, dimana perusahaan menghitung keseluruhan biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi ditambah mark-up dan juga tarif pajak yang berlaku, yang kesemuanya dibebankan kepada konsumen. Aplikasi metode penetapan harga berbasis pada biaya dapat dilakukan dengan cara Cost-Plus Pricing. Sccara keseluruhan penjualan Fatigon Spirit untuk pasar tradisional pada PT. Kalbe Farma, Tbk. baik, hal ini bisa dilihat dari adanya peningkatan penjualan perusahaan per semester dari tahun 2004 sampai tahun 2008 yang rata-rata tingkat kenaikannya diatas 86,87%. Sedangkan penjualan Fatigon Spirit untuk pasar modern, penjualan dapat dikatakan kurang baik, hal ini bisa dilihat dari adanya penurunan penjualan dalam satu semester ke semester lain atau dapat dikatakan penjualan perusahaan kurang dari 25%. Jika dilihat pada tabel ANOVA di atas bahwa nilai F adalah 24,944, sedangkan F,abei (a : 0,05) dengan nilai numerator (Vi) = 1 dan denumerator (vj) = 4 adalah 3,33. jadi Fhuunu > F,„uci dengan demikian, Ho ditolak dan H, diterima. Dapat disimpulkan bahwa penetapan harga pasar tradisional dan penetapan harga pasar modern dan secara bersama sama berpengaruh secara positif terliadap peningkatan penjualan. en_US
dc.description.sponsorship Poernomo - Srie Sudarjati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Pengaruh Penetapan Harga en_US
dc.title PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN FATIGON SPIRIT PADA PASAR TRADISIONAL DAN MODERN PT. KALBE FARMA Tbk en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account