Abstract:
ELEN PUSPITA SARI. NPM 021105299. Pengaruh Penetapan Harga Terliadap
Peningkatan Penjualan Fatigon Spirit Pada Pasar Tradisional dan Modern PT. Kalbe
Parma Tbk. Dibavvah Bimbingan: POERNOMO dan SRIE PUDJAWATI.
Harga merupakan salah satu sasaran marketing mix yang digunakan perusahaan
untuk mencapai sasaran pemasarannya, keputusan mengenai harga harus dikoordinasikan
dengan keputusan-keputusan mengenai desain produk, distribusi dan produksi. Penetapan
harga merupakan salah satu strategi yang sangat penting bagi manajemen perusahaan.
Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya, atau bahkan lebih dari itu, yaitu
untuk mendapatkan laba. Di dalam menetapkan harga, perusahaan harus
mempertimbangkan sifat persaingan yang terjadi di pasar karena apabila menetapkan
harga yang salah, hal ini akan mengakibatkan bahaya bagi kelangsungan hidup
perusahaan yang bersangkutan.
PT. Kalbe Farma Tbk dalam menetapkan harganya menggunakan metode Cost Plus Pricing atau penetapan harga berbasiskan biaya, dimana perusahaan menghitung
keseluruhan biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi ditambah mark-up dan Juga
tarif cukai yang berlaku, yang kesemuanya dibebankan kepada konsumen. Satu manfaat
dari cost-plus pricing adalah kemudahannya dalam penerapan, selain itu cara semacam
ini juga akan mendorong tewujudnya stabilitas harga karena sebagian besar pesaing akan
mencapai pada harga jual yang sama.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan harga Fatigon
Spirit pada PT. Kalbe Farma Tbk, Untuk mengetahui tingkat penjualan Fatigon Spirit
pada PT. Kalbe Farma Tbk. dan untuk mengetahui pengaruh penetapan harga pada pasar
tradisional dan pasar modem terliadap peningkatan hasil penjualan fatigon spirit pada PT.
Kalbe Farma I bk.
Penelitian ini dilakukan di PT. Kalbe Farma Tbk. yang bergerak dalam bidang
kesehatan. Jenis penelitian adalah Deskriptif (EksploratiO dengan metode penelitian
adalah Studi Kasus, yaitu penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenaan
dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas seperti halnya peranan
strategi penetapan harga dalam meningkatkan penjualan yang penulis ambil sebagai objek
penelitian dan sebuah personalitas yaitu perusahaan dengan teknik penelitian yang
digunakan adalah Statistik Kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi berganda, korelasi serta uji hipotesa.
PT. Kalbe Farma, Tbk. dalam menetapkan harganya menggunakan metode Cost Plus Pricing atau penetapan harga berbasiskan biaya, dimana perusahaan menghitung
keseluruhan biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi ditambah mark-up dan juga
tarif pajak yang berlaku, yang kesemuanya dibebankan kepada konsumen. Aplikasi
metode penetapan harga berbasis pada biaya dapat dilakukan dengan cara Cost-Plus
Pricing.
Sccara keseluruhan penjualan Fatigon Spirit untuk pasar tradisional pada PT. Kalbe
Farma, Tbk. baik, hal ini bisa dilihat dari adanya peningkatan penjualan perusahaan per
semester dari tahun 2004 sampai tahun 2008 yang rata-rata tingkat kenaikannya diatas
86,87%. Sedangkan penjualan Fatigon Spirit untuk pasar modern, penjualan dapat
dikatakan kurang baik, hal ini bisa dilihat dari adanya penurunan penjualan dalam satu
semester ke semester lain atau dapat dikatakan penjualan perusahaan kurang dari 25%.
Jika dilihat pada tabel ANOVA di atas bahwa nilai F adalah 24,944, sedangkan
F,abei (a : 0,05) dengan nilai numerator (Vi) = 1 dan denumerator (vj) = 4 adalah 3,33.
jadi Fhuunu > F,„uci dengan demikian, Ho ditolak dan H, diterima. Dapat disimpulkan bahwa
penetapan harga pasar tradisional dan penetapan harga pasar modern dan secara bersama sama berpengaruh secara positif terliadap peningkatan penjualan.