Abstract:
AGUNG BUDIWAN MANGGALA PUTRA. NPM 021105241. Pengaruh Harga
Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Pada Pengunjung
Outlet Handphone Di Plaza Jambu Dua Bogor. Dibawah bimbingan.
H.POERNOMO dan SRI PUDJAWATI.
Harga dan merek sering kali berperan sebagai indikator kualitas suatu
produk yang relatif baru seperti handphone. Handphone bukanlah barang murah
yang mudah mendapatannya tanpa hams mencari informasi lebih tentang kualitas
produk tersebut Produk ham^hone mempakan produk dengan teknologi tinggi
yang terus menerus berkembang dan bembah dengan adanya inovasi yang
berlangsung terns menerus. Adanya pericembangan yang pesat menyebabkan
konsumen dihadapkan pada piliban produk bam dengan resiko yang kompleks.
Dimana konsumen hanya memiliki sedikit informasi untuk mengevaluasi produk
tersebut. Dengan demikian harga dan merek akan berperan sebagai petunjuk atau
indikator dari kualitas handphone yang akan dibeli. Selain itu, harga yang
ditetapkan dan merek yang diberikan oleh pemsahaan juga menjadi salah satu
fokus utama dalam menyusun strategi guna mencapai tujuan. Hal ini juga yang
teijadi pada produk handphone Nolda, dimana harga yang ditawarkan dengan
merek yang begitu kuat mampu menarik konsumen untuk memutuskan
pembeliannya pada handphone ini. Oleh sebab itu, maka penuUs tertarik dan
termotivasi untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh harga dan merek
terhadap keputusan pembelian handphone Nokia. Adapun tujuan penelitian ini
adalah; 1) Untuk mengetahui tingkat harga handphone Nokia. 2) Untuk
mengetahui kesan terhadap merek handphone Nokia. 3) Untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh harga dan merek terhadap keputusan pembelian
han^hone Nokia.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif (eksploratif) dengan menggunakan
metode penelitian studi kasus. Poieliti memakai metode studi kasus karena studi
kasus ini mengharuskan peneliti untuk mendalami tentang kehidupan subjek.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis
kualitatif mempakan deskripsi (gambaran) tentang persepsi mengenai tingkat
harga dan kesan terhadap merek hamfyhone Nokia. Smentara itu, analisis
kuantitatif (hgunakan untidr pengujian hipotesis. Dari haal analisis data dengan
menggunakan sampel sebanyak 100 responden, maka diketahui sebagai berikut: 1)
Diketahui bahwa tingkat harga handphone Nokia masih dirasa cukup mahal. 2)
Kesan terhadap merek Nokia selama ini sudah baik. 3) Terd^at pengaruh yang
cukup signifikan antara harga dan merek terhadap keputusan pembelian
handphone Nokia. Hal ini diketahui dari hasil analisis ChUsquare dimana a = 0,05
> Aqrmp.Sig = 0,000 atau = 125 > X^o.95 (4) = 9,49 pada tingkat kepercayaan
95%