Abstract:
YUDI SYAHRIAL. NPM 021103144. Pengaruh Mutu Pelayanan Jasa Kesehatan
Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. TNI AU Atang Senjaya
Dibawah bimbingan : H. POERNOMO dan SRI PUDJAWATI
Rumab Sakit adalah organisasi pengelola pelayanan jasa kesehatan yang banyak
melakukan kegiatan dalam penyembuhan dan pengobatan para pasien yang
membutuhkan. Pasien bebas memilib rumah sakit sebagai ten^at pengobatan dan
penyembuhan dan sudah pasti pasien tersebut akan memilih rumah sakit yang
benar-benar membeiikan pelayanan yang cepat, baik dan menniflglffln
Banyak pasien yang merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan
oleh tenaga medik, tenaga paramedik dan tenaga non medik di rumah sakit.
Biasanya keluhan yang banyak dikeluhkan oleh para pasien yaitu mengenai
lambatnya penanganan dari pihak Rumah Sakit dan lain-lain.Untuk itu Rumah
Sakit yang baik tentunya hams manq)u mengatasi segala keluhan dari pasien
maupun keluarga pasien sehingga para pasien mendapatkan kepuasan.
Rumah Sakit TNI AU Atang Senjaya ini berada dibawah Dinas Kesehatan
Pangkalan TNI AU Atang Senjaya, berbentuk badan yang dipimpin oleh Kepala
Rmuah Sakit yang bertanggung jawab kepada Komandan Pangkalan TNI AU
Atang Senjaya dengan t^e rumah sakit tipe C yang mempimyai fiisilitas dan
kemampuan pelayanan medis spesialis penyakit dalam, ^esi^ penyakit bedah,
spesialis kebidanan yang berdasarkan keputusan Mentii Kesehatan RI. No.
009/MENKES/1/1933. dengan kapasitas 20 tenq)at tidur, pada masa
perkembangannya samapi saat ini rumah sakit TNI AU Ajang Senjaya memiliki
100 ten^at tidur dengan 12 pelayanan spesilistik.
Untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit TNI AU
Atang Senjaya selahi berasahan memberikan pelayanan dengan mutu terbaik bagi
konsumen baik pasien rawat iuap maupun pasien rawat jalan.Berdasarkan uraian
tersebut penulis melakukan penelitian yang bertujuan tmtuk mengetahui kualitas
pelayanan yang diberikan oldi Rumah Sakit TNI AU Atang Senjaya dan untuk
mengetahui Pengaruh Mutu pelayanan Jasa Kesehatan Terhadap Tingkat
Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit TNI AU Atang Senjaya.
Adapun joiis penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu deskr^t^,
eksploratip dengan metode E7q)lanatory Survei yaitu metode yang bertujuan untuk
menguji hipotesis dengan teknik penelitian yang menggunakan statistik
kuantitat^ dan unit analisis bempa Di}'as diman ada 2 unit analisis yang diteliti
yahu para pasien rawat inap Rumah Sakit TNI AU Atang Senjaya dan pihak
Manajemen Rumah Sakit.
Setelah dilakukan pengukuran terhadap pengaruh Mutu pelayanan Jasa
Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat hiap Pada Rumah Sakit TNI
AU Atang Senjaya maka Rumah Sakit TNI AU Atang Senjaya dikategorikan
kedalam kehandalan, daya tanggap, jaminan en^ati dan bukti langsung
menggunakan analisis chi-square didapatkan hasil sebagai beiikut: Hasil
penelitian berdasarkan tingkat kinega adalah 27,04% responden mengatakan
sangat baik 46,18% responden mengatakan baik, 21,52% responden mengatakan
cukup baik 4,53% responden menyatakan tidak baik dan 0,73% responden
menyatakan sangat tidak baik. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan rata-rata
tingkat harapan 36,76% responden menyatakan sangat baik, 38,32% responden
menyatakan baik 22,62% respondai menyatakan cukup baik dan 2,19%
menyatakan kurang baik dan 0,11% menyatakan sangat tid^ baik. Berdasarkan
data yang diperoleh maka dapat dilihat bahwa mutu pelayanan jasa kesehatan
yang dilakukan oleh pihak rumah sakit sudah baik dan konsumen merasa puas.