FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PT. Kuripan Raya.

Show simple item record

dc.contributor.author Wibowo, Tri Suli
dc.date.accessioned 2024-03-14T06:26:36Z
dc.date.available 2024-03-14T06:26:36Z
dc.date.issued 2008-04-12
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8189
dc.description.abstract TRI SULI WIBOWO. 021101138. Analisis Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PT. Kuripan Raya. Dibawah Bimbingan: H. POERNOMO. dan SRI PUDJAWATI Dengan semakin berkembangnya bisnis properti yang disebabkan oleh ekonomi nasional yang membaik, stabiltas politik dan ikUm investasi yang kondusif juga karena tingkat pertiunbuhan penduduk Indonesia yang begitu besar khususnya di daerah JADEBOTABEK (Jakarta, Depok, Bogor, Tanggerang, Bekasi) dengan tingkat pertumbuhan 4,1% pertahun, maka semakin tinggi pula persaingan yang teqadi pada perusahaan properti dengan menawarkan keungulan-keungulan produknya, maka dari itu PT. Kuripan Raya sebagai perusahaan pengembang proyek perumahan Telaga Kahuripan perlu mengadakan se^nentasi pasar dalam upaya memprtahankan pasar meningkatkan pasar yang telah ada. Selain itu, untuk menghadapi persainagan yang begitu ketat tersebut, maka perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produk yang beitujuan untuk memuaskan para konsumennya dengan semaksimal mungkin. Berdasarkan kondisi tersebut, maka PT. Kuripan Raya perlu untuk melakukan peningkatkan keung^an produk yang ditawarkannya guna menin^tkan kepuasaan para konsumennya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode peneiitian deskriptif survey yang umumnya merupakan penelitian yang menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan antar variabel. Sedangkan tehnik penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan metode analisis chi square. Strategi yang dilaksanakan PT Kuripan Raya dalam memasarkan rumah mungil adalah segmentasi pasar, melalui strategy demo^afi (penghasilan, dan pekeqaan), geografis (wilayah, dan ukuran kota). Strategi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk merubah image Telaga Kahuripan dimata konsumen sebagai tempat hunian exclusive yang ditujukan pada kalangan tertentu saja (masyarakat ekonomi ke atas). Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan program SPSS vll,5 dapat disimpulkan untuk demograri pada indicator besarnya gaji responden diketahui bahwa nilai hitung (36,840) > tabel (9,488), maka Ho ditolak, artinya se^entasi pasar berdasarkan demofiafi jika dilihat dari indikator gaji responden sangat berperan Hfllam meningkatkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan Raya, untuk demografi pada indikator pekerjaan responden diketahui bahwa nilai X^ hitung (99,333) > X^ tabel (11,070), maka Ho ditolak, artinya segmentasi pasar berdasrkan demografi jika dilihat dari indikator pekeqaan responden san^t berperan dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan Raya, untuk geografis pada indikator faktor wilayah diketahui bahwa nilai X^ hitung (106,160) > 5? tabel (5,591), maka Ho ditolak, artinya segmentasi pasar berdasarkan geografi jika dilihat dari indilmtor faktor wilayah sangat beiperan dalam meni^catkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan Raya, untuk geo^afis pada inikator faktor wilayah sanagt berperan dalam menin^tkan kepuasaan konsumen pada PT. Kuripan Raya untuk geografis pada indikator faktor ukuran kota diketahui bahwa nilai X^ hitung (24,653) > X^ tabel (5,591), Maka Ho ditolak, artinya segmentasin pasar berdasarkan geografi jika dilihat dari indikator faktor ukuran kota LV sangat berperan sebaga dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan Raya. Setelah melihat bahasan diatas penulis menyimpulkan dan memberi jawaban sebagai berikut: - Strategi -strategi dalam segmentasi pasar pada PT. Kuripan Raya telah sesuai dengan strategi sebagai salah satu kebijakan pemsahaan, dengan demikian PT. Kiiripan Raya hanya perlu mempertahankan strategi dalam segmentasi pasar khusus rumah mungil yang telah dan sedang dilaksakan. - Dari nilai rata-rata nilai koefisien kontingensi atau nilai hubungan tingkat kineqa setiap strategi dari segmentasi pasar rumah mungil yahg memiliki nilai rata-rata sebesar dibawah 60% menandakan nilai ragu-ragu (sedang) dari konsumen, maka sebaiknya PT. Kuripan Raya harus melakukan suatu kebijakan mengenai harga (hal ini disesuikan dengan besamya gaji konsumen) agar tetap ihempertahankan kepuasan konsumen dan menjadikan konsumen Tnamililfi suatu kebanggan teriiadap produk PT. Kuripan Raya, dalam kaitannya dengan peningkatan keuntungan. Selain itu, faktor penimjang. - Jika dilihat dari peranan segmentasi pasar terhadap tingkat kepuasan kdnsumen, berdasarican pengujian statistik, maka sebaiknya pemsahaan perlu meningkatkan klheqa pada indikator besamya gaji responden dan indikator faktor ukuran kota yang dipersepsikan en_US
dc.description.sponsorship Poernomo - Sri Pudjawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Analisis Segmentasi Pasar en_US
dc.title Analisis Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada PT. Kuripan Raya. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account