Abstract:
TRI SULI WIBOWO. 021101138. Analisis Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat
Kepuasan Konsumen Pada PT. Kuripan Raya. Dibawah Bimbingan: H.
POERNOMO. dan SRI PUDJAWATI
Dengan semakin berkembangnya bisnis properti yang disebabkan oleh ekonomi
nasional yang membaik, stabiltas politik dan ikUm investasi yang kondusif juga karena
tingkat pertiunbuhan penduduk Indonesia yang begitu besar khususnya di daerah
JADEBOTABEK (Jakarta, Depok, Bogor, Tanggerang, Bekasi) dengan tingkat
pertumbuhan 4,1% pertahun, maka semakin tinggi pula persaingan yang teqadi pada
perusahaan properti dengan menawarkan keungulan-keungulan produknya, maka dari itu
PT. Kuripan Raya sebagai perusahaan pengembang proyek perumahan Telaga
Kahuripan perlu mengadakan se^nentasi pasar dalam upaya memprtahankan pasar
meningkatkan pasar yang telah ada.
Selain itu, untuk menghadapi persainagan yang begitu ketat tersebut, maka
perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produk yang beitujuan untuk
memuaskan para konsumennya dengan semaksimal mungkin. Berdasarkan kondisi
tersebut, maka PT. Kuripan Raya perlu untuk melakukan peningkatkan keung^an
produk yang ditawarkannya guna menin^tkan kepuasaan para konsumennya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode peneiitian
deskriptif survey yang umumnya merupakan penelitian yang menjelaskan fenomena
dalam bentuk hubungan antar variabel. Sedangkan tehnik penelitian yang digunakan
adalah statistik kuantitatif dengan metode analisis chi square.
Strategi yang dilaksanakan PT Kuripan Raya dalam memasarkan rumah mungil
adalah segmentasi pasar, melalui strategy demo^afi (penghasilan, dan pekeqaan),
geografis (wilayah, dan ukuran kota). Strategi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk
merubah image Telaga Kahuripan dimata konsumen sebagai tempat hunian exclusive
yang ditujukan pada kalangan tertentu saja (masyarakat ekonomi ke atas).
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan program SPSS vll,5 dapat
disimpulkan untuk demograri pada indicator besarnya gaji responden diketahui bahwa
nilai hitung (36,840) > tabel (9,488), maka Ho ditolak, artinya se^entasi pasar
berdasarkan demofiafi jika dilihat dari indikator gaji responden sangat berperan Hfllam
meningkatkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan Raya, untuk demografi pada
indikator pekerjaan responden diketahui bahwa nilai X^ hitung (99,333) > X^ tabel
(11,070), maka Ho ditolak, artinya segmentasi pasar berdasrkan demografi jika dilihat
dari indikator pekeqaan responden san^t berperan dalam meningkatkan kepuasan
konsumen pada PT. Kuripan Raya, untuk geografis pada indikator faktor wilayah
diketahui bahwa nilai X^ hitung (106,160) > 5? tabel (5,591), maka Ho ditolak, artinya
segmentasi pasar berdasarkan geografi jika dilihat dari indilmtor faktor wilayah sangat
beiperan dalam meni^catkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan Raya, untuk
geo^afis pada inikator faktor wilayah sanagt berperan dalam menin^tkan kepuasaan
konsumen pada PT. Kuripan Raya untuk geografis pada indikator faktor ukuran kota
diketahui bahwa nilai X^ hitung (24,653) > X^ tabel (5,591), Maka Ho ditolak, artinya
segmentasin pasar berdasarkan geografi jika dilihat dari indikator faktor ukuran kota
LV
sangat berperan sebaga dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada PT. Kuripan
Raya.
Setelah melihat bahasan diatas penulis menyimpulkan dan memberi jawaban
sebagai berikut:
- Strategi -strategi dalam segmentasi pasar pada PT. Kuripan Raya telah sesuai
dengan strategi sebagai salah satu kebijakan pemsahaan, dengan demikian PT.
Kiiripan Raya hanya perlu mempertahankan strategi dalam segmentasi pasar
khusus rumah mungil yang telah dan sedang dilaksakan.
- Dari nilai rata-rata nilai koefisien kontingensi atau nilai hubungan tingkat kineqa
setiap strategi dari segmentasi pasar rumah mungil yahg memiliki nilai rata-rata
sebesar dibawah 60% menandakan nilai ragu-ragu (sedang) dari konsumen,
maka sebaiknya PT. Kuripan Raya harus melakukan suatu kebijakan mengenai
harga (hal ini disesuikan dengan besamya gaji konsumen) agar tetap
ihempertahankan kepuasan konsumen dan menjadikan konsumen Tnamililfi suatu
kebanggan teriiadap produk PT. Kuripan Raya, dalam kaitannya dengan
peningkatan keuntungan. Selain itu, faktor penimjang.
- Jika dilihat dari peranan segmentasi pasar terhadap tingkat kepuasan kdnsumen,
berdasarican pengujian statistik, maka sebaiknya pemsahaan perlu meningkatkan
klheqa pada indikator besamya gaji responden dan indikator faktor ukuran kota
yang dipersepsikan