Abstract:
NUR ARDIYANTI. NPM 021104062. Analists Keterkaitan Biaya Personal Selling
Dengan Tingkat Penjualan Pada PT. Cosma Mitra Sejahtera. Dibawah bimbingan: INNA
SRI SUPINA ADI dan SRI HIDAYATI RAMDANI.
Personal selling merupakan salali satu alat promosi yang menggunakan
pendekatan secara langsung kepada konsumennya, sehingga tenaga penjualnya dapat
meiakukan tugas-tugas non penjualan mumi untuk kepentingan perusahaan mereka dapat
mengumpulkan informasi yang diperlukan untak penjualan, memberitahukan sikap
pelanggan serta meluruskan keluhan-keluhan kepada pimpinan perusahaan.
Tujuan Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui
analisis keterkaitan biaya personal selling dengan tingkat penjualan pada PT. Cosma
Mitra Sejahtera yang berkedudukan di kota Bogor yang beralamat di Jl. Sempur Kaler
No. 7 didirikan tanggal 28 Juni 1999, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 900
karyawan, PT. Cosma Mitra Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
direct selling business, memasarkan alat elektronik rumah tangga seperti blender, mixer,
dispenser, dinner set, panci presto, magic com, kompor gas, dan Iain-lain.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif dan
verifikatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh gambaran secara mendalam
dan objektif mengenai biaya personal selling dengan tingkat penjualan. Sedangkan
verifikatif dengan metode explanatory survey untuk menguji hipotesis yang umumnya
merupakan penelitian yang menjelaskan fsnomena dalam bentuk hubungan antar
variabel.
Dari analisis log natural, regresi berganda, korelasi berganda, R^ dan uji
hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa :
Analisis mengenai keterkaitan biaya personal selling dengan tingkat penjualan diketahui
persamaan regresi bergandanya : Ln Pj = -4,31 + 2,40 Ln Bts + U39 Ln Bop; jadi setiap
1% perubahan Bts (biaya training sales) akan menambah penjualan sebanyak 2,40%,
setiap 1% perubahan Bop (biaya operasional) akan menambah penjualan sebanyak 1,39%,
setiap 1% perubahan Bts (biaya training sales) dan Bqp (biaya operasional) akan
menambah penjualan sebanyak 3,79%. Koefisien korelasi r = 0,9754 menunjukkan nilai
yang mendekati + 1, berarti keterkaitan antara biaya personal selling dengan tingkat
penjualan mempunyai hubungan yang kuat positif, ini berarti bahwa setiap teijadi
peningkatan biaya training sales dan biaya opersional akan diikuti oleh kenaikan tingkat
penjualan. Begitu pula sebaliknya jika teijadi penurunan biaya training sales dan biaya
operasional akan diikuti oleh penurunan tingkat penjualan. Sedangkan nilai R = 95,14%,
berarti penjualan pada PT. Cosma Mitra Sejahtera dapat dijelaskan dengan baik oleh
peubah training sales dan personal selling adalah sebesar 0,9514 x 100% = 95,14%,
sedangkan sisanya 1 - 0,9514 = 0,0486 atau 4,86% dijelaskan oleh faktor lainnya.
Promosi personal selling yang dilakukan perusahaan sudah baik, karena
didalam personal selling lebih mendetail dalam menjelaskan produk yang ditawarkan
oleh perusahaan, maka kegiatan personal selling ini sebaiknya dipertahankan dan terus
dikembangkan lagi agar penjualan perusahaan terus meningkat di tahun-tahun yang akan
datang.
Meiakukan riset pasar secara berkesinambungan sehingga pihak perusahaan
dapat terus memantau perkembangan produk di pasar sehingga jika ada masalah di
lapangan dapat segera diselesaikan, terutama dalam pengaturan waktu pelaksanaan
personal selling.