Abstract:
DINI MAl^INA. NPM 021102196. Penganih Personal Selling Terhadap Penjualan Polls Pada PT.
Asuiansi Jiwasraya ( Peisero ) Perwakilan Bogor. Dibawah bimbingan : USMAN ZAKARIA daii
YETTY HUSNUL HAYATI.
Dengan semakln meningkatnya daya beli masyarakat terhadap asuransi jiwa, setiap perusahaan
membutuhkan tenaga penjualan yang memadai untuk dapat melayani para calon nasabah serta
marapu bersaing dengan perusahaan lain di dalain memasarkan asuiansi dengan tenaga penjualan
ymg dimiliki. Dalam dunia persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan
hidup dan berkembang dalam meiaksanakan usahanya. Perusahaan benisaha untuk beroperasi dengan
men^tmakan strategi pemasaran yang tepat diantaranya dengan melakukan personal selling yang
bertujuan untuk menarik minat konsumen raembeli produk tersebut dengan kemudahan karena kita
bertemu * ■* ' * - - -
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui personal selling yang dilakukan oleh PT.
asuiansi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor, untuk mengetahui besarnya jumlah penjualan polish
untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap jumlah penjualan polls.
PT. Asuiansi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor yang beralamatkan di Jalan Raya Pajajaran
No. 45 Bogor 16151 adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis asuransl. Perusahaan ini menjual
produk-produk asuiansi jiwa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif (eksploratif), dengan metode studi kasus dan
teknik penelitian statistik kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh antara personal selling dan jumlah
penjualan polls digunakan analisis legresi linier sedeihana. Sedan^kan untuk mengetahui hubungan
personal selling dan jumlah penjualan polls digunakan koefisien korelasi serta uji hipotesis. Dan
untuk mengetahui ukuran variabel independent (X) personal selling dan variabel dependen (Y)
jumlah penjualan polls digunakan koefisien determinasi.
Untuk mengukur pengaruh personal selling terhadap jumlah penjualan polls, maka hasil dari
perhitungan diolah dengan metode analisis regresi linier sederhana yang hasilnya adalah Y = 519,7 +
0^42X. Hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar r = 0,763 yang berarti bahwa pengaruh antara
biaya personal selling (X) dengan jumlah penjualan polls (Y) teidapat pengaruh positif vane sanaat
kuat karena mendekati nilai r = +1,
Sedangkan hasil dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 58,21%. Hal ini
membuktikan bahwa personal selling yang dilakukan pada PT. Asuransl Jiwasraya (Persero)
Perwakilan Bogor cukup berpengaruh terhadap jumlah penjualan polls pada perusahaan.
Agar kegiatan personal selling dapat berjalan dengan lebih balk lagi PT. Asuransl Jiwasraya
(Persero) Perw^ilan Bogor hanis menambah jumlah tenaga penjualan / agen untuk menjan^u
masyarakat lebih luas lagi untuk menjadi nasabah PT. Asuransl Jiwasraya (Persero) Perwakilan
Bogor guna menambah jumlah penjualan polls serta menambah pendapatan yang diperoleh
perusahaan.