FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Pengaruh Biaya Diversifikasi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Karoseri Pada PT. Ingress Malindo Ventures, Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.author Zaenab, Siti
dc.date.accessioned 2024-02-06T02:17:17Z
dc.date.available 2024-02-06T02:17:17Z
dc.date.issued 2007-04-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7998
dc.description.abstract SITI ZAENAB. NPM 021102260. Pengaruh Biaya Diversifikasi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Karoseri Pada PT. Ingress Malindo Ventures, Bekasi. Dibawah Bimbingan : POERNOMO dan SRI HIDAYATI RAMDANI. Seiring dengan berjaiannya waktu saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah tinggi, sehingga banyak perusahaan yang bermunculan berkompetisi dan bersaing menawarkan berbagai jenis produk diantaranya indrusri karoseri. Hal ini tentu saja akan membuat suatu perusahaan mengalami kesulitan dan mengakibatkan terjadinya fluktuasi terhadap hasil penjualan yang diperoleh oleh perusahaan. Dengan terjadinya fluktuasi tersebut, maka secara tidak langsung akan berdampak pada kelangsungan hidip perusahaan. Karena disamping keinginan perusahaan untuk meningkatkan penjualannya, perusahaan harus memperhitungkan serta mengimbangi kebutuhan konsumennya dengan baik. Oleh karena itu PT. Ingress Malindo Ventures saat ini mencoba melakukan suatu strategi salah satunya adalah diversifikasi konsentrik yaitu mengembangkan salah satu produknya tetapi masih ada keterkaitan dengan produk sebelumnya. Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk mengkaji lebih ianjut kedalam skripsi dengan judul : "Pengaruh Biaya Diversifikasi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Karoseri pada PT. Ingress Malindo Ventures" dengan identifikasi masalah : untuk mengetahui penerapan diversifikasi produk yang dilakukan oleh PT. Ingress Malindo Ventures dan untuk mengetahui pengaruh biaya diversifikasi produk pada PT. Ingress malindo Ventures. Jenis atau bentuk penelitiannya yaitu verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey dimana metode ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang merupakan fenomena dalam bentuk hubungan antar variabel X dan variabel Y, sedangkan teknik penelitian yang digunakan oleh penulis adalah statistik kuantitatif yaitu berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik dan sifatnya dapat diukur atau dinilai dan dapat dihitung. Tujuan dilaksanakannya diversifikasi produk pada PT. Ingress Malindo Ventures yaitu untuk menyajikan keunggulan dan diferensiasi yang cukup signifikan dimata konsumen, tetapi biaya yang diterapkan dalam melakukan diversifikasi ini dapat di minimalisasikan sebaik mungkin meskipun selalu ada penyimpangan dari apa yang telah ditetepkan perusahaaan sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat diperoleh persamaan regresinya yaitu : Y = -682936212,83 - 63,75 Xj + 283,32 Xj + 32,82 X3 dapat diinterprestasikan : nilai a = -682936212,83 artinyajika perusahaan tidak melakukan atau tidak ada diversifikasi produk melalui biaya bahan baku (X|), biaya desain X2), dan biaya riset (Xj) tetap, maka penjualan yang diterima perusahaan menurun sebesar ; Y = Rp - 682.936.212,83 x Rp. 1= Rp. 682.936.212,83. bi = -63,75 ; artinyajika setiap terjadi penurunan sebesar Rp.l; X| (biaya bahan baku) sedangkan X2 (biaya desain) dan X3 (biaya riset) tetap, maka penjualan yang akan diterima perusahaan hanya sebesar: Y = - 682936212,83 + 63,75 (I) + 283,32 (0) + 32,82 (0) = Rp. -68293558.08. 62 = 283,32 ; artinyajika setiap terjadi kenaikan sebesar Rp.l; X2 (biaya desain) sedangkan X| (biaya bahan baku) dan X2 (biaya riset) tetap, maka perusahaan akan menghasilkan penjualan sebesar: Y = -682936212,83 + 63,75 (0) + 283,32 (I) + 32,82 (0)= Rp.682935929.51. 63 = 32,82 ; artinyajika setiap terjadi kenaikan sebesar Rp.l; X3 (biaya riset) sedangkan X| (biaya bahan baku) dan X2(biaya desain) tetap, maka perusahaan akan menghasilkan penjualan sebesar: Y = -682936212,83 + 63,75 (0) + 283,32 (0) + 32,82 (1) = Rp.682936180.01. Maka jika secara keseluruhan Xj (biaya bahan baku), X2 (biaya desain), dan X3 (biaya riset) diberlakukan, maka pengaruhnya akan meningkatkan penjualan karoseri pada PT. Ingress Malindo Ventures sebesar :Y = -682936212,83 + 111 6j,75 (I) + 283,32 (I) + 32,82 (1) - Rp.68293241.94. Sedangkan nilai R = 0,971 ini berarti nilai R inendekati +1, maka hubungan antara biaya diversifikasi produk melalui biaya balian baku, biaya desain, dan biaya riset dengan hasil penjuaian mempunyai hubungan yang positif dan kuat. Sedangkan besarnya Coefisien Determination (R Square) atau juga yang disebut dengan koefisien penentu diperoleh sebesar 0,942 yang artinya sebesar 94,2% hasil penjuaian dapat ditentukan oleh biaya diversifikasi produk melalui biaya bahan baku, biaya desain, dan biaya riset dan selebihnya sebesar 5,8% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak terdapat dalam model ini. Pada pengujian hipotesis diketahui bahvva nilai F adalah 32,455. Sedangkan F tabel (a : 0,05) adalah 4,74. Jadi F hitung > F label. Dengan demikian. Ho ditolak dan H| diterima. Dapat disimpulkan bahwa variabel biaya bahan baku, biaya desain, dan biaya riset secara bersama-sama memang berpengaruh secara positif terhadap hasil penjuaian. Dengan demikian faktor penjelas biaya bahan baku, biaya desain, dan biaya riset dalam diversifikasi produk dapat digunakan untuk memprediksi hasil penjuaian. en_US
dc.description.sponsorship Pornomo - Sri Hidajati Ramdani en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject biaya bahan baku, biaya desain, dan biaya riset dalam diversifikasi produk en_US
dc.title Pengaruh Biaya Diversifikasi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Karoseri Pada PT. Ingress Malindo Ventures, Bekasi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account