Abstract:
DESY TRIANA, NPM. 021103125. "Kebijakan Promosi Dalam Mempengaruhi
Kepuasan Konsumen Terhadap Pembeiian Produk Gaga Mie-100 Pada PT.
Jakarana Tama" Dibawah bimbingan H. POERNOMO dan SRI PUDJAWATI.
Banyak perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan berlomba-lomba
untuk membuat makanan yang sehat, bergizi, mudah, praktis dan cepat dalam memasak
serta penyajiannya. Dan produk mie-lah yang biasa dipilih dan banyak digemari oleh
konsumen. Produk mie terdiri dari beberapa merek, jenis dan rasa, salah satu diantaranya
adalah produk Gaga mie yang merupakan salah satu produk dari PT. Jakarana Tama
merupakan perusahaan industri yang memasarkan produk Gaga Mie-lOO.Untuk itu
kegiatan promosi dalam pamasaran merupakan sarana yang tepat untuk memperkenalkan
suatu produk kepada konsumen dan mengkomunikasikan secara terus-menerus produk
yang dihasilkan dapat dikembangkan atau dapat dipertahankan. Hal ini dilakukan semata mata agar produknya dapat diterima oleh konsumen dan untuk memuaskan konsumen.
Adapun tujuan peneitian yang diambil adalah : Untuk mengetahui promosi Gaga
mie ICQ yag dilakukan oleh PT. Jakarana Tama, Untuk mengetahui pengaruh kepuasan
konsumen terhadap pembeiian produk Gaga mie 100 dari PT. Jakarana Tama, Untuk
mengetahui kebijakan promosi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap
pembeiian produk Gaga mie 100 pada PT. Jakarana Tama.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan verifikatif dengan metode penelitian
explanatory survey dengan penelitian statistik komperatif non parametric. Selain itu,
teknik pengumpulan data yang diakukan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian
lapangan yang terdiri dari wawancara dan penyebaran kuesioner. Kemudian metode
analisi yang digunakan penulis adalah analisis Chi square yang digunakan untuk
menjelaskan perbandingan antara apa yang diharapkan dengan kenyataan yag teijadi.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa promosi Gaga Mie-100 pada PT,
Jakarana Tama Jakarta cukup baik. Hal ini sesuai dengan presentase penilaian tingkat
kinerja perusahaan terhadap promosi sebesar 37,9% yang berarti penilaian pelanggan
terhadap promosi adalah cukup baik.Sedangkan tingkat kepuasan consumen pada PT.
Jakarana Tama Jakarta adalah sebesar 97,2%. Nilai ini menunjukkan bahwa konsumen
merasa sangat puas terhadap kinerja perusahaan. Dari analisis Chi square diperoleh hasil
X hiiimg sebesar 203,36. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antaia
promosi denga kepuasan konsumen terhadap pembeiian produk. Sedangkan dari hasil
koefisien kontingensi diperoleh nilai Cc sebesar 0,82 yang berarti terdapat hubungan
sangat kuat antara promosi dengan tingkat kepuasan konsumen. Dan dari hasil uji
hipotesis menunjukkan X\ih,„g (203,36)> (36,42) dengan taraf nyata a 0,05 dan
derajat bebas 24, maka Ho ditolak dan Hi diterima artinya ada pengaruh antara promosi
dalam mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap pembeiian produk.