Abstract:
Vadilah. 021119198. Strategi Marketing Mix (4P) dalam Meningkatkan Volume Penjualan
UMKM Shanie Cake and Cookies. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan EKA
PATRA. 2023.
Besarnya potensi UMKM dalam menyongkong perekonomian tidak terlepas dari berbagai
permasalahan yang mereka hadapi, baik internal maupun eksternal. Saat ini, banyak UMKM
terkendala dalam strategi pemasaran yang membuat UMKM tidak dapat berkembang dan
sulit untuk survive dalam usahanya. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat
untuk meningkatkan volume penjualan UMKM. Berdasarkan hal tersebut, salah satu UMKM
di Kabupaten Bogor yaitu Shanie Cake and Cookies juga harus berupaya untuk
mempertahankan usahanya dan meningkatkan volume penjualan. Adapun upaya yang dapat
dilakukan dengan mengkaji ulang kegiatan pemasaran melalui analisis marketing mix. Tujuan
dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis marketing mix yang diterapkan oleh Shanie
Cake and Cookies (2) untuk menganalisis prioritas strategi marketing mix yang tepat untuk
dijalankan Shanie Cake and Cookies dalam meningkatkan volume penjualan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, metode penarikan sampel
menggunakan non probability Sampling dengan teknik judgement sampling, analisis data
menggunakan matriks SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan
software expert choice 11.
Hasil penelitian menggunakan AHP untuk mengetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari
matriks SWOT menunjukkan bahwa prioritas alternatif strategi tertinggi adalah strategi (SO),
dalam strategi SO menekankan pada tiga atribut utama yaitu: (1) meningkatkan kegiatan
promosi di media online seperti Instagram, Tiktok dan platform e-commerce lainnya (2)
fokus pada peningkatan kualitas produk dan inovasi produk dengan melihat trend gaya hidup
masyarakat, (3) meningkatkan kerjasama dengan reseller dan bekerjasama dengan aplikasi
delivery order.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, SWOT, AHP