FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Strategi Pengembangan Pemasaran Melalui Digital Technology pada Pariwisata 4.0 Kabupaten Cianjur Menggunakan Big Data

Show simple item record

dc.contributor.author Triani, Mega
dc.date.accessioned 2023-12-30T03:23:14Z
dc.date.available 2023-12-30T03:23:14Z
dc.date.issued 2022-10-31
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/7612
dc.description.abstract MEGA TRIANI. 021117351. Strategi Pengembangan Pemasaran Melalui Digital Technology pada Pariwisata 4.0 Kabupaten Cianjur Menggunakan Big Data. FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA. 2022. Konsep pariwisata digital atau pariwisata 4.0 telah di implementasikan di Indonesia. Begitupun dengan penerapan konsep ini pada wisata daerah, salah satunya Kabupaten Cianjur yang memiliki potensi tinggi dengan beragamnya jumlah objek dan daya tarik wisata. Pariwisata Kabupaten Cianjur juga sedang bergerak menuju pariwisata digital. Namun terdapat kendala dan tantangan yang berdampak dengan kurang optimalnya pengembangan pariwisata Kabupaten Cianjur, seperti halnya sarana dan prasarana yang belum maksimal, mengenai masalah akses yang disebabkan infrastruktur jalan yang belum baik dan memadai sehingga menghambat mobilitas wisatawan, serta banyak objek wisata yang belum tereksplor oleh wisatawan, karena belum meratanya informasi melalui penggunaan teknologi digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mining metode clustering menggunakan algoritma K-means dengan pemrograman R, analisis jaring laba-laba, dan analisi kualitatif menggunakan NVivo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi bentuk digital technology existing di sektor Pariwisata 4.0 Kabupaten Cianjur (2) Untuk menganalisis pemetaan objek wisata potensial di Kabupaten Cianjur (3) Untuk menganalisis dan menguraikan strategi pengembangan pemasaran melalui digital technology pada sektor pariwisata Kabupaten Cianjur. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sampel yang dipilih dengan menggunakan multistage sampling. Hasil penelitian dengan metode clustering K-means menunjukkan bahwa terdapat tiga cluster berdasarkan kemiripan data; kemudian terdapat 5 variabel yang dianalisis menggunakan analisis jaring laba-laba; serta hasil analisis kualitatif menggunakan Nvivo didapatkan bahwa dari berbagai kendala dan potensi yang ada, maka strategi dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Cianjur ialah dengan membuat paket-paket wisata serta penerapan digital technology pada berbagai pemasaran ODTW dan diharapkan adanya berbagai pihak yang terlibat pada pengembangan pariwisata Kabupaten Cianjur. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pemasaran, Pariwisata 4.0, Digital Technology, Big Data en_US
dc.description.sponsorship Fredi Andria - Doni Wihartika en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Strategi Pengembangan Pemasaran, Pariwisata 4.0, Digital Technology, Big Data en_US
dc.title Strategi Pengembangan Pemasaran Melalui Digital Technology pada Pariwisata 4.0 Kabupaten Cianjur Menggunakan Big Data en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account