Abstract:
MEGA TRIANI. 021117351. Strategi Pengembangan Pemasaran Melalui Digital
Technology pada Pariwisata 4.0 Kabupaten Cianjur Menggunakan Big Data. FREDI
ANDRIA dan DONI WIHARTIKA. 2022.
Konsep pariwisata digital atau pariwisata 4.0 telah di implementasikan di
Indonesia. Begitupun dengan penerapan konsep ini pada wisata daerah, salah satunya
Kabupaten Cianjur yang memiliki potensi tinggi dengan beragamnya jumlah objek dan
daya tarik wisata. Pariwisata Kabupaten Cianjur juga sedang bergerak menuju
pariwisata digital. Namun terdapat kendala dan tantangan yang berdampak dengan
kurang optimalnya pengembangan pariwisata Kabupaten Cianjur, seperti halnya
sarana dan prasarana yang belum maksimal, mengenai masalah akses yang disebabkan
infrastruktur jalan yang belum baik dan memadai sehingga menghambat mobilitas
wisatawan, serta banyak objek wisata yang belum tereksplor oleh wisatawan, karena
belum meratanya informasi melalui penggunaan teknologi digital.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mining metode
clustering menggunakan algoritma K-means dengan pemrograman R, analisis jaring
laba-laba, dan analisi kualitatif menggunakan NVivo. Tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) Untuk mengidentifikasi bentuk digital technology existing di sektor
Pariwisata 4.0 Kabupaten Cianjur (2) Untuk menganalisis pemetaan objek wisata
potensial di Kabupaten Cianjur (3) Untuk menganalisis dan menguraikan strategi
pengembangan pemasaran melalui digital technology pada sektor pariwisata
Kabupaten Cianjur. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sampel yang dipilih
dengan menggunakan multistage sampling. Hasil penelitian dengan metode clustering
K-means menunjukkan bahwa terdapat tiga cluster berdasarkan kemiripan data;
kemudian terdapat 5 variabel yang dianalisis menggunakan analisis jaring laba-laba;
serta hasil analisis kualitatif menggunakan Nvivo didapatkan bahwa dari berbagai
kendala dan potensi yang ada, maka strategi dalam pengembangan pariwisata
Kabupaten Cianjur ialah dengan membuat paket-paket wisata serta penerapan digital
technology pada berbagai pemasaran ODTW dan diharapkan adanya berbagai pihak
yang terlibat pada pengembangan pariwisata Kabupaten Cianjur.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pemasaran, Pariwisata 4.0, Digital Technology,
Big Data