Abstract:
PUTRI SYAHDAT. 021119043. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan
Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. Di bawah
bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2023.
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membawa dampak terhadap peningkatan
sumber pendapatan asli desa, perlu adanya strategi dalam menjalankan usaha. Berdasarkan
data yang didapat tingkat penjualan mengalami fluktuasi dan strategi pemasaran yang
dilakukan BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera kurang efektif. Penelitian ini dilakukan
untuk menganalisis faktor eksternal dan internal serta untuk menganalisis strategi pemasaran
yang tepat pada BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera.
Jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan narasumber nya yaitu Direktur,
pengurus, supplier dan konsumen BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Pemilihan
narasumber dilakukan dengan metode Non Probability Sampling dengan total 18 narasumber
berdasarkan teknik judgment sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara.
Hasil strategi pemasaran berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu
mengembangkan produk yang ada pada event,rutin mempromosikan produk dan melakukan
stok opname. Strategi WO yaitu memperbaiki manajemen pengadaan produk, menambah
fasilitas sarana dan prasarana. Strategi ST yaitu melakukan evaluasi, menambah inovasi
produk dan melengkapi produk. Strategi WT yaitu mengecek stok persediaan barang, ikut
andil dalam sponsorship kegiatan masyarakat dan meningkatkan penggunaan sosial media
dan e-commerce. Berdasarkan matriks QSPM strategi terbaik yang dapat digunakan oleh
BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera yaitu rutin mempromosikan produk-produknya melalui
media sosial dan e-commerce.
Kata kunci : Strategi pemasaran, EFE&IFE, SWOT, QSPM