Abstract:
INDRI RAHMAWATI NPM: 021117036, Efektivitas E-Service Quality Aplikasi GoPay Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor di bawah
bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan ADITYA PRIMA YUDHA.2023.
Semakin ketatnya persaingan e-wallet yang ada, terutama pada persaingan
bisnis di bidang jasa pembayaran, membuat e-wallet semakin dituntut untuk bergerak
menjadi lebih efisien dan efektif dalam membuat sistem jasa pembayaran. Salah satu
jasa pembayaran online yang tumbuh pesat adalah Go-Pay yang berada pada aplikasi
Go-Jek. Jumlah pengguna Go-Pay mengalami penurunan walau dalam pencapaian
target mengalami peningkatan dalam realisasinya akan tetapi dalam presentase
perubahannya terjadi penurunan yang sangat tajam. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis tingkat Efektivitas E-service Quality Aplikasi Go-Pay. Jenis penelitian
yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Objek Penelitian ini adalah Efektivitas Eservice Quality Aplikasi Go-Pay. Penelitian ini menggunakan data primer dan data
sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode purposive
sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif efektivitas dan
diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2019.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas E-service Quality
Aplikasi Go-Pay diketahui bahwa hasil yang diperoleh adalah 83,28%, yang berarti
menurut tabel standar pengukuran efektivitas Litbang Depdagri memperoleh tingkat
pencapaian sangat efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, E-Service Quality