Abstract:
Hery Indrawan. 021115059. Analisis Strategi Pemasaran Tong Sampah Fiberglass
Pada CV Mandiri Baru. Di bawah bimbingan : Sri Hartini dan Fredi Andria. 2021.
Adanya pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat, membuat kegiatan
pemasaran banyak mengalami perubahan dari konvensional menuju digital. Kegiatan
jual beli secara digital, lebih banyak memberikan kemudahan dan kepraktisan
sehingga minat masyarakat untuk bertransaksi melalui internet sudah menjadi sangat
besar. Penerapan penggunaan strategi digital marketing perlu dilakukan oleh sebuah
perusahaan demi mampu meningkatkan daya saing masa kini. CV Mandiri Baru
memanfaatkan media website dan Instagram sebagai media promosi agar mudah
dijangkau para calon konsumen. Berbagai informasi terkait produk tong sampah
dapat dengan mudah dicari hanya dengan berselancar di dalam website CV Mandiri
Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa faktor eksternal
dan internal perusahaan serta menganalisa penerapan strategi pemasaran yang selama
ini sudah di terapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (eksploratif)
kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada CV Mandiri
Baru. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi
langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Pemilihan
responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total responden 5
orang. Hasil penelitian berdasarkan matriks SWOT ada 12 strategi yang perlu
dikembangkan atau diterapkan pada CV Mandiri baru, sedangkan pada hasil matriks
IE diperoleh posisi perusahaan berada pada kuadran I yang menunjukan bahwa
perusahaan atau CV Mandiri Baru berada pada posisi Growth and Build yang
menunjukan perusahaan harus melakukan pemasaran digital yang lebih agresif.
Kata kunci : Strategi Pemasaran