Abstract:
RADEN MUHAMMAD ALFARIDZI 021117265. Efektivitas Layanan Aplikasi BNI
Mobile Banking Di Kantor Cabang Djuanda Kota Bogor. Di bawah bimbingan SRI
HARTINI dan FREDI ANDRIA.
Semakin ketatnya persaingan antar Bank yang menawarkan produk-produk atau
fasilitas yang dimiliki masing-masing Bank, dari semua data yang ada Bank BNI
mendapati pertumbuhan jumlah nasabah yang sangat kecil dibandingkan dari
pesaingnya yaitu Bank BRI dan Bank Mandiri. Terlebih lagi Bank BNI merupakan
Bank yang terlebih dulu didirikan jika dibandingankan dengan Bank Mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kualitas sistem, kualitas
informasi, kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui keefektivitas
layanan aplikasi BNI Mobile Banking Di Kantor Cabang Djuanda Kota Bogor.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif explanatory. Objek penelitian
ini adalah Efektivitas Aplikasi BNI Mobile Banking. Penelitian ini menggunakan data
primer dan sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode
purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif
efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas sistem dinilai sangat efektif yaitu dengan
persentase 87%, kualitas informasi dinilai sangat efektif dengan persentase 86,33%,
kualitas layanan dinilai sangat efektif dengan persentase 85,067 % dan kepuasan
pelanggan dinilai sangat efektif dengan persentase 86,6%. Berdasarkan hasil analisis,
diketahui bahwa Efektivitas Layanan Aplikasi BNI Mobile Banking Di Kantor Cabang
Djuanda Kota Bogor menurut tanggapan responden dalam penelitian ini berada pada
kategori “Sangat Sukses” atau “Sangat Efektif”. Persentase penilaian responden
berkaitan dengan Efektivitas Layanan Aplikasi BNI Mobile Banking Di Kantor
Cabang Djuanda Kota Bogor sebesar 86,22%.
Kata Kunci : BNI Mobile Banking, Efektivitas