Abstract:
TRI MUTTAQIN. NPM 021116260. Hubungan Persepsi Harga Dengan Keputusan
Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Setiajya Mobilindo
Parung). Skrispsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Pakuan. Dibawah Bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan
SALMAH. Tahun 2021.
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan masyarakat akan alat
transportasi juga meningkat. Fenomena kebutuhan masyarakat pada alat transportasi
khususnya mobil sangat besar. Toyota masih menjadi pemimpin penjualan retail terbaik
serta didukung oleh daftar penjualan mobil terlaris Toyota kemudian harga penjualan retail
setiap tahunnya mengalami peningkatan pada beberapa dealer sekitar. Hal ini berbanding
terbalik dengan tingkat penjualan retail Toyota Avanza pada daeler Setiajaya Mobilindo
Parung yang mengalami penurunan sehingga tidak mencapai target. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan persepsi harga dengan keputusan pembelian mobil toyota
avanza pada dealer Setiajaya Mobilindo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi harga dengan
keputusan pembelian mobil Toyota Avanza pada dealer Setiajaya Mobilindo. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden dalam penelitian ini adalah konsumen
dealer Setiajaya Mobilindo Parung, pemilihan responden dilakukan dengan metode
purposive sampling dengan total responden 90 responden dimana berdasarkan pada
perhitungan rumus Slovin, pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara
serta pengolahan data dilakukan dengan tabulasi dan skoring untuk metode analisis data
menggunakan analisis deskriptif, Rank Spearman, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata tanggapan
responden mengenai persepsi harga produk mobil toyota avanza sebesar 76.49% dimana
presentase tersebut ada pada interval 60% - 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi
harga produk mobil Toyota Avanza baik. Kemudian hasil rata-rata tanggapan responden
mengenai persepsi harga produk mobil toyota avanza sebesar 77.69% dimana dimana
presentase tersebut ada pada interval 60% - 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa
keputusan pembelian produk mobil Toyota Avanza baik. Nilai koefisien korelasi sebesar
0.634 yang artinya tingkat kekuatan hubungan antara variabel persepsi harga dengan
keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat, dan dari hasil pengujian diperoleh nilai
sig sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf nyata yang digunakan (1-tailed) 0.000 < dari 0.01 hal
ini membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara variabel persepsi harga dengan
keputusan pembelian.
Kata kunci : Persepsi Harga, Keputusan Pembelian