Abstract:
Siti Abiyah. 021116213. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing
Pada Apotek Godek. Skripsi Prodi Manajemen konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan ketua komisi
pembimbing FERDISAR ADRIAN dan anggota komisi pembimbing SRI HIDAJATI
RAMDANI. 2021. Meningkatnya swamedikasi tentunya mempengaruhi daya beli
masyarakat terhadap obat-obatan dan alat kesehatan. Industri farmasi sebagai penyedia obat
dan alat kesehatan menjadi industri dengan prospek bisnis yang menjanjikan. Apotek Godek
seharusnya dapat memanfaatkan peluang ini, tetapi nyatanya Apotek Godek mengalami
penurunan omset penjualan pada 4 tahun terakhir sedangkan penjualan kompetitor
meningkat, oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar Apotek Godek
dapat memenangkan persaingan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deksriptif eksploratif
dengan menggunakan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Apotek Godek berada pada posisi kuadran II yaitu
Growth and build, strategi umum yang dapat dilakukan Apotek Godek adalah menggunakan
kekuatan untuk mengambil kesempatan yang ada. Alternatif strategi lain yang dapat
diterapkan Apotek Godek untuk meningkatkan daya saing yaitu penetrasi pasar dengan cara
melakukan pemasaran lebih luas lagi dengan memanfaatkan media online seperti situs jual
beli online ( Shopee dan Tokopedia ) serta menambah jumlah variasi jenis obat dan alat
kesehatan yang dibutuhkan konsumen untuk pengembangan pasar.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing, SWOT, IE