Abstract:
MOH ADHAR WIRANTO. 021117348. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Pakuan), di bawah
bimbingan HARI MUHARAM dan BAYU DWI PRASETYO. 2022.
Banyaknya Smartphone yang masuk ke Indonesia memberikan banyak pilihan
merek produk untuk konsumen-konsumen Indonesia. Disisi lain, kualitas produk juga
merupakan faktor penting yang dipertimbangkan konsumen sebelum melakukan
pembelian Smartphone. Tingkat penjualan Smartphone Samsung menurun dari tahun
2018-2020, dimana penurunan terbesar senilai 7,4% dari tahun 2019 sebesar 27%
turun menjadi 19,6% di tahun 2020. Hal ini menunjukkan berkurangnya keputusan
pembelian produk Smartphone Samsung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Sampel penelitian
diambil sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
penelitian pustaka dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi
linier berganda, uji F dan uji t.
Hasil peneitian menunjukkan variabel citra merek dan kualitas produk
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai
koefisien regresinya yang bertanda positif. Nilai R Square sebesar 0,583. Artinya,
58,3% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Citra Merek (X1) dan
Kaulitas produk (X2), sedangkan sisanya dipengaruhi 42,7% oleh faktor lain. Hasil uji
t menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa citra
merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan
pembelian.
Kata Kunci: Citra merek, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian