Abstract:
Dena Nuragustin NPM 021116210. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan
Pelanggan Raito Resto. Skrispsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing
Oktori Kiswati Zaini dan Anggota Komisi Pembimbing Doni Wihartika. Tahun 2021.
Restoran saat ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang
makanan. Melihat adanya kondisi tersebut menyebabkan para pebisnis restoran semakin dituntut
untuk mempunyai konsep bisnis restoran yang unik dan tidak dimiliki restoran lain seperti
konsep layanan dan desain bangunan, serta strategi pemasaran, manajemen karyawan, standar
layanan prima, pengelolaan anggaran serta bantuan teknologi informasi dalam memonitor
operasional dan kinerja bisnis
Banyaknya ragam kuliner dapat menjadikan restoran sebagai salah satu bisnis yang sangat
menjanjikan di negera ini. Dalam menjalankan bisnis restoran dibutuhkan kreativitas, kecerdasan
bisnis, keterampilan melayani, serta menghibur para pelanggan yang datang ke restoran
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode
explanatory survey. Berdasarkan jenis penelitian yang dimaksud, dilakukan analisis uji hipotesis
penelitian melalui teknik analisis statistika yang relevan (kuantitatif). analisis berupa individual
(perorangan), yaitu sumber yang diperoleh dari respon setiap individu. Individu yang dimaksud
disini adalah pelanggan Raito Resto. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan koefisien korelasi rank spearman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Raito Resto.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah. Kualitas pelayanan Raito Resto mendapatakan
nilai baik dari responden pada penelitian ini ditunjukan dengan banyaknya tanggapan setuju dari
responden. Tanggapan responden paling besar nilainya adalah indikator daya tanggap yaitu
73,8%, dan kepuasan pelanggan memiliki tanggapan responden paling besar nilainya adalah
indikator minat berkunjung kembali dengan persentase sebesar 73,9%. Kesimpulannya Terdapat
hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan Raito Resto dengan
keeratan hubungan berada pada kategori kuat.
Kata Kunci: Kualias pelayanan, Kepuasan Pelanggan