Abstract:
ESPAYOLA BR GINTING. 021118397. Implementasi Digital Disruptive Technology Dalam
Strategi Pemasaran Modern Terhadap Sales Bisnis Thriftshop. Dibawah bimbingan FREDI
ANDRIA dan HASRUL. 2022.
Perkembangan digital disruptive technology sangat mempengaruhi aspek kehidupan manusia,
teknologi digital menjadi kebutuhan yang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas termasuk
aktivitas bisnis dan perdagangan terlebih pada masa pandemi Covid-19. Keadaan ini menuntut
pemasar khususnya para pebisnis thriftshop untuk lebih memanfaatkan berbagai peluang
kesempatan dalam meningkatkan strategi pemasaran dengan memperbaharui sistem
penjualannya ke arah yang lebih modern agar tetap mampu mengikuti perkembangan zaman
dan mampu bersaing di pasar bebas dengan para kompetitornya. Thrift merupakah suatu istilah
yang diberikan untuk menggantikan definisi barang-barang bekas atau produk second hand
khususnya pakaian. Untuk meningkatkan penjualan salah satu cara yang dilakukan perbisnis
thriftshop tersebut adalah dengan mengimplemantasikan digital disruptive technology yang
berpacu pada berbagai platform digital.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan responden para pebisnis thriftshop yang
telah menerapkan sistem penjualan digital pada usaha bisnisnya. Pemilihan responden
dilakukan dengan metode sampling kuota dengan total 100 responden berdasarkan pada
perhitungan rumus Cochran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara
dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan digital marketing
sebagai strategi pemasaran dalam bisnis thriftshop telah terbukti sangat membantu dalam
menjalankan bisnis tesebut. Pelaku bisnis/usaha melakukan pemasaran pada beberapa
platform e-commerce diantaranya Facebook, Instagram, Tiktok, Tokopedia, Shopee,
Bukalapak, Carausell, OLX, Grailed, Twitter, Whatsapp, dan lain-lain. Strategi promosi yang
dilakukan para pelaku usaha pada platforms e-commerce sehingga mendorong minat beli
konsumen dalam berbelanja produk thriftshop adalah dengan menawarkan potongan harga
(berupa cashback, discount, dll), memberikan hadiah menarik (seperti, give away, buy-get,
dsb), menawarkan sistem gratis ongkir pada waktu/agenda tertentu. Semua promosi yang
ditawarkan tersebut diberlakukan syarat dan ketentuan (S&K).
Kata kunci: Implementasi Teknologi Digital Marketing, Thrift Shopping