Abstract:
ABDUL HAKIM. 021118471. Eksistensi Song Joong Ki Sebagai brand
ambassador Terhadap brand image Scarlett Whitening (Survei pada followers
instagram @scarlett_whitening). Di bawah bimbingan H. HARI MUHARAM dan
ADITYA PRIMA YUDHA. 2022.
Adanya persaingan bisnis diperlukan strategi pemasaran yang lebih gencar
sehingga pelaku bisnis perlu melakukan promosi agar dapat di kenal oleh
masyarakat dan lebih unggul dibandingkan kompetitornya. Salah satu cara untuk
mengungguli pesaing adalah dengan promosi dengan bantuan brand ambassador.
Banyaknya bermacam-macam merek di pasar akan memberikan alternatif pilihan
kepada konsumen dalam melakukan pembelian. Konsumen dalam melakukan
pembelian suatu produk tidak hanya melihat produk dari segi kualitas produknya
saja tetapi juga brand image yang melekat pada produk. Brand image menyangkut
reputasi dan kredibilitas suatu produk, yang kemudian akan dijadikan pedoman bagi
konsumen untuk mencoba dan mengonsumsi suatu produk atau jasa tertentu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Asosiatif Kausal
dengan teknik kuantitatif dengan responden para followers Instagram
@scarlett_whitening yang pernah mencoba atau membeli produk Scarlett
Whitening. Pemilihan responden dilakukan dengan metode non probability
sampling dengan tipe purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan
pada perhitungan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner
dan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara brand ambassador dan brand image. Hal ini dilihat dari nilai uji hipotesis
korelasi atau thitung sebesar 3,442 dan nilai ttabel sebesar 1,984 yang menunjukan
bahwa 3,442 > 1,984. Namun penelitian ini juga menemukan hasil bahwa brand
ambassador Song Joong Ki memiliki pengaruh sebesar 10,8% terhadap brand
image Scarlett Whitening sedangkan 89,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Brand Ambassador , Brand Image , Scarlett Whitening